Komunikasi merupakan salah faktor pendukung utama pelayanan sebuah Rumah Sakit,dalam mengekspresikan peran dan fungsinya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki pegawairumah sakit adalah kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan mudah dipahami dalammemberikan pelayanan masyarakat. Kemampuan berkomunikasi akan mendasari upayapemecahan masalah, mempermudah pemberian bantuan, baik dalam pelayanan medik, maupunpsikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif petugaspendaftaran dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode surveianalitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasienrawat jalan di Rumah Sakit X dengan sampel sebanyak 97 responden. Analisis data dilakukanmenggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasiyang dilakukan oleh petugas pendaftaran cukup baik dengan persentase 43,3% dan penilaian baiksebesar 40%. Sedangkan kepuasan pelayanan menunjukkan bahwa 42 responden (43,3%) merasapuas terhadap pelayanan petugas pendaftaran, dan 46 responden (47,4%) merasa cukup puasterhadap pelayanan petugas pendaftaran. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui nilai p value= 0,037 atau p<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antarakomunikasi efektif petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Saran bagi rumahsakit adalah dengan meningkatkan kemampuan petugas pendaftaran dalam berkomunikasi denganpasien, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan beberapa pelatihan terkait komunikasi efektif.
Copyrights © 2022