SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities
Vol 3, No 1 (2023): SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas

Erianti Erianti (Universitas Negeri Makassar)
Sulastriningsih Djumingin (Universitas Negeri Makassar)
Idawati Idawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah iswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar; (2) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks  laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar; (3) mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian yaitu: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) peningkatan hasil kemampuan menulis. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) observasi; (2) tes  kemampuan  menulis  teks laporan hasil observasi.   Hasil penelitian menghasilkan deskripsi yang terkhusus pada: (1) perencanaan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan  model pembelajaran berbasis masalah dilakukan dengan menyiapkan RPP, materi pembelajaran, kegiatan belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan instrument pendukung lainnya; (2) pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks   laporan hasil observasi yang terfokus pada kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran; (3) peningkatan hasil kemampuan menulis teks laporan hasilobservasi menggunakan  model pembelajaran berbasis masalah berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.Kata kunci: menulis, laporan, berbasis masalah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

societies

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The principal purpose of this journal is to publish scholarly work in the Social Sciences in Education and Humanities (miscellaneous). The research that is published may take a theoretical or speculative model as well as statistical and mathematical. Contributions are welcome from all fields which ...