Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Gowa. Teknik pengumpulan data dengan (1) teknik observasi, (2) teknik tes, dan (3) teknik dokumentasi. Instrumen peneltian yaitu pedoman observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu (1) teknik analisis data kualitatif yaitu identifikasi, klasifikasi, deskripsi, dan analisis. (2) teknik analisis data kuantitatif yaitu membuat daftar skor mentah, membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, dan mencari persentase rata-rata siswa. Hasil proses pembelajaran menulis teks prosedur berbasis kesantunan secara keseluruhan berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil obsevasi aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur berbasis kesantunan pada siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Gowa dikategorikan baik. Karena hasil persentase siwa yang memperoleh nilai 71 sampai 100 mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Dari 30 jumlah sampel, 27 siswa (90%) yang mencapai nilai 71-100 dan 3 siswa (10%) yang memperoleh nilai 0-70. Kata Kunci: Menulis, Teks Prosedur, Kesantunan
Copyrights © 2023