Jurnal Ground Handling Dirgantara
Vol 3 No 1 (2016): Ground Handling Dirgantara

PELAKSANAAN PELAYANAN GROUND HANDLING TERHADAP PENUMPANG MASKAPAI LION AIR DI PT KOKAPURA BANDAR UDARA INTERNASIONAL ACHMAD YANI SEMARANG

You She Melly Anne Dharasta (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan)
Anton Turnado (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Salah satu pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa transportasi udara yaitu penanganan dan pelayanan terhadap penumpang, bagasi, kargo dan pos, terutama dalam lingkungan terminal di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan ground handling terhadap penumpang yang dilakukan oleh PT. Kokapura Bandara Internasional Achmad Yani Semarang, dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara. Berdasarkan hasil observasi, pelayanan yang diberikan oleh petugas ground handling sesuai dengan SOP (standard operation procedure) untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan petugas dari tugasnya atau dari komplain para penumpang. Fungsi dan peranan ground handling terhadap kepuasan penumpang sangat berpengaruh bagi perusahaan.Pelaksanaan pelayanan ground handling meliputi check-in counter, boarding gate, lost and found dan costumer service. Permasalahan yang dapat terjadi di lost and found adalah salah ambil (wrong taken), bagasi hilang, found baggage/on hand baggage/surplus baggage, damage/pilfered baggage dan temuan bagasi ex cabin.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jgh

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Transportation Other

Description

Jurnal Ground Handling Dirgantara ini diterbitkan untuk mengembangkan kajian dibidang kedirgantaraan khususnya untuk pelayanan dari staff ground di bandara, maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan public relation. Jurnal Ground Handling Dirgantara mempublikasikan artikel-artikel kajian ...