cover
Contact Name
Ika Fathin Resti Martanti
Contact Email
ika.fathin@sttkd.ac.id
Phone
+6285743418861
Journal Mail Official
jgh@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ground Handling Dirgantara
ISSN : 24601594     EISSN : 29626625     DOI : -
Jurnal Ground Handling Dirgantara ini diterbitkan untuk mengembangkan kajian dibidang kedirgantaraan khususnya untuk pelayanan dari staff ground di bandara, maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan public relation. Jurnal Ground Handling Dirgantara mempublikasikan artikel-artikel kajian teoritis maupun empiris yang berkaitan dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan segala pelayanan ground staff di bandara maupun bidang lain seperti kepariwisataan, dan public relation.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 82 Documents
KEGIATAN RAMP HANDLING PADA MASKAPAI CITILINK PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA Nur Makkie Perdana Kusuma; Komarani
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 1 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.47 KB)

Abstract

Unit operasional berperan penting dalam hal pelayanan ketepatan waktu keberangkatan pesawat dengan tujuan on time performance safety and security, kenyamanan dan ekonomis. Untuk dapat mencapai target On Time Performance perlu dilakukan maksimalisasi kinerja operasi. Bagian operasi harus bekerja maksimal agar pesawat siap berangkat tepat pada jadwalnya. Namun dalam dunia penerbangan hal itu tidak selalu berjalan sesuai harapan dikarenakan adanya hambatan-hambatan eksternal. Hambatan-hambatan tersebut misalnya cuaca, fasilitas bandara yang tidak memadai, traffic dan lain-lain. Hambatan-hambatan tersebut sering terjadi sehingga mengakibatkan terjadinya over ground time yang berdampak pada keterlambatan (delay). Tujuan kajian ini adalah mengetahui peranan dan prosedurpetugas Ramp Handling Maskapai Citilink di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Berdasarkan hasil obeservasi, ramp handling memiliki peranan yang sangat besar dan luas dalam proses ramp service dalam memberikan pelayanan, keselamatan dan keamanan pesawat. Ramp handling merupakan unit kerja yang memiliki peran vital selama proses ramp service. Koordinasi yang dilakukan oleh ramp service membuat pekerjaan dan proses ramp service menjadi lebih terkontrol.
PENGARUH KINERJA PETUGAS CHEK-IN COUNTER PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA Sri Sutarwati; Lusiana Aprilia Dewi
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 1 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.06 KB)

Abstract

PT. Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ground handling, salah satu unit yang ditangani adalah chek-in counter. Keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas kinerja yang diberikan, sedangkan kinerja yang berkualitas dapat diidentifikasi melalui kepuasan penggunanya, karena kepuasan atau ketidak puasan penggunanya terhadap suatu kinerja akan mempengaruhi perilaku pengguna selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja petugas chek-in counter PT. Gapura Angkasa terhadap kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada penumpang Maskapai Garuda Indonesia. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 76 responden. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kinerja, dan variabel dependennya adalah kepuasan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan Program SPSS for window versi 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja (X) memiliki signifikan α< 0,05 terhadap variabel kepuasan (Y), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan dari hasil uji-F menunjukkan sig. F: 0,000 hal ini menjelaskan bahwa variabel kinerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hasil dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan besarnya pengaruh kinerja terhadap kepuasan yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,953 atau 95,3% dan sisanya 4,7% merupakan sumbangan variabel-variabel lain.
PELAKSANAAN PELAYANAN GROUND HANDLING TERHADAP PENUMPANG MASKAPAI LION AIR DI PT KOKAPURA BANDAR UDARA INTERNASIONAL ACHMAD YANI SEMARANG You She Melly Anne Dharasta; Anton Turnado
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 1 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.283 KB)

Abstract

Salah satu pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa transportasi udara yaitu penanganan dan pelayanan terhadap penumpang, bagasi, kargo dan pos, terutama dalam lingkungan terminal di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan ground handling terhadap penumpang yang dilakukan oleh PT. Kokapura Bandara Internasional Achmad Yani Semarang, dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara. Berdasarkan hasil observasi, pelayanan yang diberikan oleh petugas ground handling sesuai dengan SOP (standard operation procedure) untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan petugas dari tugasnya atau dari komplain para penumpang. Fungsi dan peranan ground handling terhadap kepuasan penumpang sangat berpengaruh bagi perusahaan.Pelaksanaan pelayanan ground handling meliputi check-in counter, boarding gate, lost and found dan costumer service. Permasalahan yang dapat terjadi di lost and found adalah salah ambil (wrong taken), bagasi hilang, found baggage/on hand baggage/surplus baggage, damage/pilfered baggage dan temuan bagasi ex cabin.
ANALISIS PENGARUH KONDISI FASILITAS LAND SIDE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANGMASKAPAI PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG Imaniar Dhea A.
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 1 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.773 KB)

Abstract

Fasilitas sisi darat merupakan unsur terkait terhadap kepuasan penumpang, semakin memadai fasilitas yang ada maka penumpang puas dengan kinerja perusahaan dan berkelanjutan untuk menggunakan jasa penerbangan kembali. Secara garis besar tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi fasilitas sisi darat (land side) terhadap kepuasan penumpang maskapai penerbangan yaitu, Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, dan Lion Air di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini menggunakan data kuesioner dengan pengukuran skala likert dan diolah menggunakan SPSS 15.0. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana, dengan kriteria penerimaan hipotesis yaitu jika nilai signifikansi lebih besar dari α=0,05 maka H0diterima dan Ha ditolak, sedangkan jika nilai signifikansi lebih kecil dari α=0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kondisi fasilitas land side secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang maskapai Garuda Indonesia, Citilink dan Air Asia karena dapat memberikan kontribusi sebesar 96%, 49,2% dan 10%, sedangkan variabel kondisi fasilitas land side tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang maskapai Lion Air, karena hanya dapat memberikan kontribusi 9,8%.
KINERJA PETUGAS LALU LINTAS UDARA GUNA MEMENUHI KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA Sudirman Hi Umar; Prasetyowati; Arry Hertantyo Putro
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 2 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.903 KB)

Abstract

Keselamatan merupakan prioritas utama dalam dunia penerbangan, pemerintah berkomitmen bahwa “Safety Is Number One”sesuai Undang- Undang Nomor 1 Tahun 2009.Keselamatan penerbangan yaitu suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dalam pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, serta fasilitas penunjang dan fasilitas umum lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor AIRNAV Indonesia Distrik Yogyakarta, di Bandar udara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi yang berasal dari Program SPSS Release 15.0. Hasil analisis menunjukkanbahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang ditunjukkandengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 yang berarti bahwa antara kinerja petugas dengan keselamatan penerbangan di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis koefisien korelasi menghasilkan nilai 0,758 menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kinerja petugas deganm keselamatan penerbangan di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.
TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA ANGKUTAN UDARA TERHADAP PENUMPANG MASKAPAI GARUDA INDONESIA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN PENERBANGAN DI BANDARA UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO Sri Sutarwati; Hardiyana; Novita Karolina
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 2 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.63 KB)

Abstract

Maskapai Garuda Indonesia terkenal dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan diantaranya ketepatan waktu dan kenyamanan. Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengutamakan ketepatan waktu (On Time Performance) bukan berarti tidak pernah mengalami keterlambatan (delay), karena delay bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang terkadang tidak dapat diduga sebelumnya. Tujuan kajian ini adalah 1) mengetahui tanggung jawab Maskapai Garuda Indonesia terhadap kerugian yang diderita oleh penumpang karena keterlambatan keberangkatan pesawat; 2) mengetahui apakah ganti rugi yang diberikan kepada penumpang Maskapai Garuda Indonesia sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan metode deskriptif. Dalam penyusunannya dilakukan dengan penelitian lapangan yang memanfaatkan data-data primer dari hasil wawancara dan observasi yang didukung dengan data sekunder. Maskapai Garuda Indonesia telah melaksanakan aturan mengenai tanggung jawab pengangkutan angkutan udara dantelah memberikan ganti rugi pengangkut sesuai dengan aturan dalam Undang-Undang Penerbangan dan Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 89 tahun 2015.
ANALISIS WAKTU KINERJA GROUND SUPPORT EQUIPMENT GAPURA ANGKASA DALAM AKTIVITAS OPERASIONAL DI DARAT PADA PENERBANGAN GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA LOMBOK PRAYA Lia Fikri Anggraini
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 2 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.262 KB)

Abstract

Begitu pentingnya dan banyaknya tugas yang ditangani oleh Ground Support Equipment yang berkait dengan ketepatan waktu maka diperlukan staff atau personil-personil yang memadai dalam hal ini penulis membahas dan melihat seberapa besar kemampuan petugas GSE di Gapura Angkasa Lombok Praya untuk menangani penerbangan pesawat Garuda Indonesia yang mengacu kepada standar prosedur penangan dari Gapura Angkasa.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur waktu kinerja petugas GSE dalam aktivitas operasional pada penerbangan Garuda Indonesia di Bandar Udara Lombok Praya. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan data Monthly Statement for Ground Power Unit yang berisi tentang waktu pemasangan atau pelepasan alat GSE pada pesawat Garuda Indonesia dengan flight number GA-431 rute CGK – LOP – CGK di bandar udara Lombok Praya periode 2012. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t satu sampel atau One Sample t-test menggunakan program SPSS ver 15.0 Hasil analisis menunjukkan bahwa pada nilai p-value (sig) didapatkan sig (2-tailed), maka nilai p-value dibagi 2. Sehingga didapatkan nilai p-value sebesar 0,082 < 0,05, maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima atau jika dengan menggunakan tabel didapatkan t-hitung sebesar -1,745 < t-tabel 1,966. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata ground time GA-431 di Bandara Internasional Lombok pada tahun 2012 kurangdari 45 menit.
EVALUASI KINERJA PT GAPURA ANGKASA TERHADAP ON TIME PERFORMANCE MASKAPAI CITILINK BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI Jayantara Dirgayusa; Elok Anggraeni Putri
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 2 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.728 KB)

Abstract

Ketepatan waktu atau On Time Performance sudah menjadi tolak ukur kepercayaan dari pemakai jasa yang menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan. PT Gapura Angkasa merupakan salah satu perusahaan Ground Handling yang berperan dalam menjamin ketepatan waktu maskapai. Salah satu maskapai yang menggunakan jasa PT Gapura Angkasa adalah Maskapai Citilink. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui kinerja PT. Gapura Angkasa dalam menangani On Time Performance maskapai Citilink pada bulan Juni. Selain itu, untuk mengetahui upaya PT. Gapura Angkasa dalam meningkatkan On Time Performance maskapai Citilink. Dalam penyusunannya dilakukan dengan penelitian lapangan yang memanfaatkan data-data primer dari hasil wawancara dan observasi yang didukung dengan data sekunder. Presentase On Time Performance dari total 349 flight yaitu 72%, serta presentase delay nya yaitu 28% dari total 349 flight tersebut. Dan dari total delay 98 flight itu, 7 flight disebabkan oleh kinerja PT Gapura Angkasa dan 91 disebabkan oleh pihak maskapai. Menunjukkan bahwa kinerja PT Gapura Angkasa dalam menangani penerbangan CITILINK sudah maksimal jika dilihat dari on time performancenya.
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN GROUND HANDLING TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG RUTE CENGKARENG-SEMARANG (CGKSRG) PADA MASKAPAI BATIK AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG Chintya Ayu Maharani Putri
Jurnal Ground Handling Vol 3 No 2 (2016): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.218 KB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu pengaruh utama dari perusahaan penerbangan yang bisa menjadi nilai jual yang sangat penting bagi perusahaan tersebut, karena konsumen pasti akan mencari pemberi pelayanan terbaik dalam memilih perusahaan penerbangan. Kepuasan adalah terpenuhinya keinginan pengguna jasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan ground handling dan berapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan penumpang maskapai Batik Air rute CGK-SRG di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Penelitian dilakukan di PT Kokapura Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini di dapat dari data primer yaitu data kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Microsoft Excel, analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan program SPSS 15,0. Hasil penelitian ini mendukung bahwa Ha diterima Ho ditolak yaitu, adanya pengaruh terhadap pelayanan Ground Handling transportasi udara terhadap kepuasan penumpang. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung nilai signifikan P : 0,001 yang lebih kecildari nilai tingkat signifikan (α) 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan penumpang Maskapai Batik Air rute CGK – SRG di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Dari hasil penelitian ini diketahui besarnya pengaruh variabel pelayanan terhadap keuasan adalah 13,0% sisa nya sebesar 87,0% merupakan sumbangan dari variabel lain.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA INSPEKTUR KEAMANAN PENERBANGAN DI KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH I KELAS UTAMA SOEKARNO-HATTA Muhammad Alfayed Arjum; Walid Jumlad
Jurnal Ground Handling Vol 4 No 01 (2022): Ground Handling Dirgantara
Publisher : Ground Handling Dirgantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.391 KB)

Abstract

Transportasi di Indonesia bisa disebut sebagai urat nadi perekonomian karena mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan perizinan yang juga melibatkan Otoritas Bandar Udara. Di samping itu dengan keberadaan Otoritas Bandar Udara, pemerintah dapat dengan mudah melakukan pemantauan terhadap kegiatan Keamanan Penerbangan yang ada di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Kemanan Penerbangan Sendiri mempunya tanggung jawab terhadap keamanan yang terjadi di lapangan, salah satu tugasnya yaitu melakukan investigasi ketika terjadi masalah di Bandar Udara. Maka dari itu dibutuhkan Motivasi dan lingkugan kerja yang mendorong dan nyaman agar kinerja dari Inspektur dapat terealisasikan tanpa terbebani. Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja inspektur keamanan penerbangan di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta. Penelitian ini diolah dengan metode kuantitatif, menyebar kuisioner, dan mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi kerja dan lingkungan kerja tidak berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai. 2) Secara parsial motivasi kerja berpengaruh secara positif akan tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) Lingkungan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. 4) Secara dominan variabel motivasi kerja ada pengaruh terhadap kinerja pegawai walaupun tidak signifikan.