Education & Learning
Vol. 2 No. 1 (2022)

Pendekatan Strategi Mind Mapping dalam Pelajaran Sejarah Perkembangan Demokrasi Indonesia

Rahmad Mulia Pane (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2022

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendekatan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Sejarah Perkembangan Demokrasi di Indonesia . Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimanakah Pendekataan pembelajaran Sejarah Demokrasi di Indonesia dengan menggunakan strategi Mind Mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan , penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif , dengan tujuan untuk mengetahui Pendekataan pembelajaran Sejarah Demokrasi di Indonesia dengan menggunakan strategi Mind Mapping. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa Mind Mapping dalam pembelajaran Sejarah bertujuan untuk memudahkan siswa dalam mengatur dan mengingat segala bentuk informasi baik secara tertulis maupun verbal. Keterlibatan siswa dalam membuat Mind Mapping akan membantu upaya pemahaman materi sekaligus melatih berpikir kreatif siswa. Mind Mapping sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran Sejarah Perkembangan Demokrasi di Indonesia karena mata pelajaran tersebut memiliki cakupan yang luas dan membutuhkan hafalan yang tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Education & Learning is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on empirical research in the field of education. The journal emphasizes the importance of appreciating the interplay of local, national, ...