Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 No. 1 (2022): December

Analisis Pengaruh Flash Sale, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal di Marketplace Shopee

Nurulita Malafitri (Universitas Pancasakti Tegal)
Makmur Sujarwo (Universitas Pancasakti Tegal)
Sri Murdiati (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh flash sale terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee, pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh flash sale, online customer review, dan online customer rating secara simultan terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1). Pengujian parsial flash sale terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05. 2). Pengujian parsial online customer review terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,016 < 0,05. 3). Pengujian online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig = 0,005 < 0,05. 4). Pengujian Uji F (uji simultan) diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Terdapat pengaruh flash sale (X1) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 2). Terdapat pengaruh online customer review (X2) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 3). Terdapat pengaruh online customer rating (X3) terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee. 4). Terdapat pengaruh flash sale (X1), online customer review (X2) dan online customer rating (X3) secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEB UPS Tegal di marketplace Shopee.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Konsentrasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal. Konsentrasi invites academics and researchers who do original research in the fields of Marketing, Financial management, Human Resource Management, International Business, Entrepreneurship, Monetary Economics, Finance, and Banking, ...