cover
Contact Name
Muhammad Arridho Nur Amin
Contact Email
ipi@upstegal.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
konsentrasi@upstegal.ac.id
Editorial Address
Universitas Pancasakti Tegal Jln. Halmahera Km. 1 Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos 52181
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27744604     DOI : 10.12345/konsentrasi
Core Subject : Economy,
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal. Konsentrasi invites academics and researchers who do original research in the fields of Marketing, Financial management, Human Resource Management, International Business, Entrepreneurship, Monetary Economics, Finance, and Banking, International Economics, Public Economics, Economic development, Regional Economy
Articles 32 Documents
Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity dan Net Profit Margin terhadap Earning Per Share pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 Afniatul Mahfudloh; Gunistiyo
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.213 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Equity dan Net Profit Margine terhadap Earning Per Share. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan 1) Current Ratio berpengaruh negatif terhadap Earning Per Share, 2) Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Earning Per Share, 3) Return On Equity tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share, 4) Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share, 5) Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Equity dan Net Profit Margin secara simultan tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share.
Analisis Perbedaan Akuisisi terhadap Return Saham dan Volume Perdagangan Agus Santoso; Yuni Utami
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.329 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.5

Abstract

Akuisisi adalah salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Lang­kah akuisisi diambil agar sebuah kelompok usaha mampu menguasai pasaran di suatu daerah atau negara. Akuisisi biasanya terjadi pada perusahaan induk terhadap anak perusahaannya. Perkembangan informasi yang tersedia dipasar modal memiliki peranan yang penting untuk memengaruhi segala macam bentuk transaksi perdagangan di pasar modal. Hal ini disebabkan karena para pelaku di pasar modal akan melakukan analisis lebih lanjut terhadap setiap pengumuman atau informasi yang masuk ke pasar modal tersebut. Perhatian pada kesamaan antara reaksi harga dan volume atas informasi yang dipublikasikan cenderung menyebabkan harga dan volume dianggap sebagai ukuran subtitusi terhadap reaksi pasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji beda. Hasil penelitian ini adalah 1) berdasarkan hasil analisis uji beda dua rata-rata dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,761 > 0,05. 2) berdasarkan hasil analisis uji beda dua rata-rata dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,600 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) tidak ada perbedaan return saham sebelum dan sesudah peristiwa akuisisi pada perusahaan multinational company yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. 2) tidak ada perbedaan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah peristiwa akuisisi pada perusahaan multinational company yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019.
Pengaruh Iklim Kerja dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes Alif Ilham Zakaria; Setiowati Subroto
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.358 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.6

Abstract

Melihat dari latar belakang masalah dalam penelitian ini menjadi alasan peneliti bahwa pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes memiliki tingkat absensi yang kurang baik dilihat dari data absensi pegawai yang disebabkan kurang nyamanya iklim kerja didalam organisasi yang membuat pegawai sering telat dan pulang dijam kantor. Organisasi harus mengembangkan kompetensi pegawai untuk menambah pengetahuan dan wawasan pegawai sehingga pegawai memiliki jiwa yang berkompeten dalam menjalankan tanggung jawabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuisoner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 responden. alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji signifikansi koe­fi­sien regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan 1). terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan iklim kerja terhadap produktivitas kerja pegawai. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel iklim kerja (X1) sebesar 4,319 sedangkan t tabel sebesar 1,659, maka diketahui t hitung > t tabel dengan niali sig 0,108 > 0,05. 2). terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi terhadap produktivitas kerja pegawai. Dari hasil uji t diperoleh t hitung variabel kompetensi (X2) sebesar 4,319 sedangkan t tabel sebesar 2,045, maka diketahui t hitung > tabel dengan nilai sig 0,000 < 0,005. 3). Iklim kerja dan kompetensi terhadap produktivitas kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Nilai F hitung yang diperoleh adalah 164,555 sedangkan F tabel sebesar 4,17. Maka diketahui nilai F hitung 164,555 > 4,17 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa iklim kerja dan kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai KPRI Sejahtera Kabupaten Brebes.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal Dwi Handika Novandi; Deddy Prihadi
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.799 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan miss laundry di kota tegal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 2) Harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 3) Lokasi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal, 4) Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Secara Simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dan pengguna atau pengunjung yang pernah datang dan terlibat dalam kepuasan pelanggan miss laundry di kota tegal. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan kriteria tertentu dengan menggunakan metode Incidental sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari pengisian kuesioner yang diberikan kepada responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Metode analisis data menggunakan Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji signifikan (Uji Asumsi klasik, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan Pelanggan dengan nilai probabilitas (Sig) 0,000 < 0,05, (2) Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai probablitas (Sig) 0,000 < 0,05, (3) Lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai probabilitas (Sig) 0, 853 > 0,05, (4) Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Miss Laundry di Kota Tegal. Hal ini dibuktikan dalam uji F nilai sig karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Hubungan Green Product, Green Price, Green Promotion dan Environmental Awarness dengan Keputusan Pembelian Produk UMKM Woba Craft Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Ella Aenatun Nadhifah; Niken Wahyu Cahyaningtyas
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.415 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Hubungan Green Product, Green Price, Green Promotion dan Environmental Awarness dengan Keputusan Pembelian Produk UMKM Woba Craft Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan sampling incidental, berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis korelasi rank sperman, uji signifikasi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikasi koefisien korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi. Berdasrkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa semua variabel memiliki hubungan dengan Keputusan Pembelian yaitu dibuktikn dengan Green Product memiliki nilai 0,723 (kuat), Green Price memiliki nilai 0,543 (cukup kuat), Green Promotion juga memiliki nilai 0,676 (kuat), Environmental Awarness memiliki nilai 0,277 (cukup rendah).
Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Insentif dan Motivasi Ektrinstik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Departemen Marketing Honda Raya Tegal Asri Astika Lestari; Ira Maya Hapsari
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2020): December
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.748 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik, insentif dan motivasi ektrinstik terhadap kepuasan kerja karyawan pada departemen Honda Tegal Raya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 orang karyawan dan teknik pengambilan sempel menggunakan sempel jenuh, responden dalam penelitian ini adalah 34 orang karyawan departemen marketing Honda tegal raya. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda lingkungan kerja non fisik, insentif dan motivasi ektrinstik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,000. lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,011 artinya hipotesis diterima, insentif berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,004 artinya hipotesis diterima, dan motivasi ekstrinstikberpengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan dengan tingkat signifikansi 0,001 artinya hipotesis diterima.
Pengaruh Pelayanan Sistem Online, Tarif, dan Publikasi terhadap Keputusan Konsumen Dalam Reservasi Tiket Kereta Api Kaligung di Stasiun Tegal Agung Amin Aprianto; Mahben Jalil
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): June
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.821 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i2.10

Abstract

Pengaruh Pelayanan Sistem Online, Tarif, dan Publikasi Terhadap Keputusan Kon­su­men Dalam Reservasi Tiket Kereta Api Kaligung di Stasiun Tegal. Tujuan peneelitian ini ada­lah: 1). Untuk mengetahui perbedaan peristiwa akuisisi terhadap return saham. 2). Untuk me­ngetahui perbedaan peristiwa akuisisi terhadap volume perdagangan saham. Metode pe­ne­li­tian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan metode ana­li­sis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji beda. Hasil pe­ne­li­ti­an ini adalah 1) berdasarkan hasil analisis uji beda dua rata-rata dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,761 > 0,05. 2) berdasarkan hasil analisis uji beda dua rata-rata dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,600 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) tidak ada perbedaan return saham sebelum dan sesudah pe­ris­tiwa akuisisi pada perusahaan multinational company yang terdaftar di Bursa Efek In­do­ne­sia periode tahun 2015-2019. 2) tidak ada perbedaan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah peristiwa akuisisi pada perusahaan multinational company yang terdaftar di Bur­sa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019.
Analisis Pengaruh Fund Longevity, Fund Size, dan Family Size terhadap Kinerja Reksadana pada Reksadana Saham di Indonesia Periode 2016-2019 Ari Tubety; Amirah
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): June
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.708 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i2.11

Abstract

This study aims 1). To analyze the effect of Fund Longevity on the performance of equity funds, 2). To analyze the effect of Fund Size on the performance of equity funds, 3). To analyze the effect of Family Size on stock mutual funds performance, 4). To analyze the effect of Fund Longevity, Fund Size, and Family Size simultaneously on the performance of equity funds.The method used in this research is quantitative research. Equity mutual fund performance measurement uses the Sharpe method. While the data analysis method used is multiple linear regression using statistical software SPSS 22. The results of this study indicate that 1). Fund Longevity has a significant negative effect on the performance of equity funds, 2). Fund Size has a positive and insignificant effect on the performance of equity funds, 3). Family Size has a significant negative effect on the performance of equity funds, 4). Fund Longevity, Fund Size, and Family Size simultaneously have a positive effect on the performance of equity funds.
Pengaruh Etika Kerja dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan SPBU Muri Tegal Devy Ocktapiyanti; Jaka `Waskit
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): June
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.483 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh etika kerja terhadap kinerja kar­yawan SPBU Muri Tegal, 2) mengetahui pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja kar­yawan SPBU Muri Tegal, dan 3) pengaruh etika kerja dan knowledge sharing secara si­mul­tan terhadap kinerja karyawan SPBU Muri Tegal. Penelitian merupakan penelitian ku­an­ti­tatif dengan data primer yang berasal dari kuesioner. Populasi sebanyak sebanyak 56 ora­ng, Penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau istilah lain sensus karena jumlah kar­ya­wan SPBU Muri Tegal tergolong sedikit sehingga memungkinkan seluruh karyawan dija­di­kan sampel. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian di­sim­pul­kan bahwa etika kerja secara parsial atau individu berpengaruh signifikan terhadap ki­ner­ja karyawan SPBU Muri Tegal dengan tingkat signifikansi 0,014. Knowledge Sharing secara par­sial atau individu berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan SPBU Muri Tegal de­ngan tingkat signifikansi 0,018. Sedangkan Etika Kerja dan Knowledge Sharing secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan di SPBU Muri Tegal dengan tingkat signifikansi 0,000.
Analisis Perbandingan Kinerja Karyawan Nissan Datsun Tegal Sebelum dan Sesudah Pelatihan Norma Nurul Hidayati; Yuniarti Herwinarni
Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): June
Publisher : Major Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.707 KB) | DOI: 10.12345/konsentrasi.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti menganalisis perbandingan kinerja karyawan se­belum dan sesudah pelatihan. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebelum pe­la­tihan dan sesudah pelatihan sebagai variabel independen, dan kinerja sebagai variabel de­pen­den. Hipotesis dalam penelitian ini adalah H0: tidak terdapat perbedaan kinerja karyawan se­belum dan sesudah pelatihan dan Ha: terdapat perbedaan kinerja karyawan sebelum dan se­su­dah pelatihan. Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam pe­ne­li­ti­an ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kue­sio­ner yang disebar kepada seluruh karyawan Nissan Datsun Tegal. Jumlah sampel yang digu­na­kan berjumlah 30 responden.. Hasil penelitian ini menunjukkan bah­­wa ada pengaruh pe­ning­ka­tan kinerja sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Hal ini me­n­jelaskan bahwa kinerja kar­yawan tidak hanya didukung oleh keinginan untuk bekerja, na­mun penunjang terbesar un­tuk pencapaian kinerja yang maksimal adalah pada pemberian pe­latihan oleh perusahaan.

Page 1 of 4 | Total Record : 32