JS (Jurnal Sekolah)
Vol 7, No 1 (2022): DESEMBER 2022

INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM RADEN PATAH SURABAYA

Arsytillah Ana Federika (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Muhammad Thamrin Hidayat (Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Abstract: Internalization of Religious Character Through Tahfidz Qur'an Program at Raden Patah Islamic Elementary School Surabaya. The purpose of this study was to describe the implementation of the Qur'an tahfidz program at Raden Patah Islamic Elementary School Surabaya and to describe the values of religious characters resulting from the implementation of the Qur'an tahfidz program at Raden Patah Islamic Elementary School Surabaya. This research is classified as descriptive qualitative research. Data collection techniques used interview, observation, and documentation techniques. The results showed that the implementation of the Qur'an tahfidz program at SDI Raden Patah Surabaya used the method of habituation and exemplary with the tahfidz friend strategy, this was aimed at instilling the morals of the Qur'an and creating a Qur'anic generation in accordance with the juridical and theological basis. There are two dimensions of religious character values produced, namely divine values (praying before and after activities, saying greetings, saying hamdalah, istiqomah in reading the Qur'an, being honest in depositing memorization, and remaining humble in memorizing the Qur'an), human values (please help, shake hands with the teacher, responsible for improving his memorization, not looking at his colleagues higher or lower). Keyword: Internalization, Religious Character, Tahfidz Qur'an Program Abstrak: Internalisasi Karakter Religius Melalui Program Tahfidz Qur’an di Sekolah Dasar Islam Raden Patah Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SD Islam Raden Patah Surabaya dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter religius hasil pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SD Islam Raden Patah Surabaya. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SDI Raden Patah Surabaya menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan dengan strategi shabat tahfidz, hal ini tujuan untuk menanamkan akhlak Al-Qur’an dan menciptakan generasi Qur’ani sesuai dengan landasan yuridis dan teologis. Terdapat dua dimensi nilai karakter religius yang dihasilkan yaitu nilai ilahiyah (berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mengucapkan salam, mengucapkan hamdalah, istiqomah dalam membaca Al-Qur’an, Jujur dalam menyetorkan hafalan, dan tetap rendah hati dalam menghafal Al-Qur’an), nilai insaniyah (tolong menolong, salim, bertanggung jawab untuk meningkatkan hafalannya, tidak memandang lebih tinggi atau lebih rendah teman sejawatnya).Kata Kunci: Internalisasi, Karakter Religius, Program Tahfidz Qur’an

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...