Penelitian ini berupaya mengangkat tentang penurunan kedisiplinan dan minat belajar siswa saat diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Selain itu, kurangnya pengawasan oleh orang tua saat mengikuti pembelajaran daring menyebabkan suasana menjadi kurang kondusif akibat kebiasaan siswa yang kurang disiplin di rumah, serta menurunnya hasil belajar Pendidikan Agama Hindu akibat kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki hubungan searah dengan hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi p- value sebesar 0,001 < 0,05 (5%) dan nilai korelasi sebesar 0,387 (38,7%) dengan posisi positif (searah). Minat belajar memiliki hubungan searah dengan hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,003 < 0,05 (5%) dan nilai korelasi sebesar 0,352 (35,2%) dengan posisi positif (searah). Persamaan regresi linier sederhana kedisiplinan dengan hasil belajar yakni, Y = 46,208 + 0,468X1, persamaan ini menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki pengaruh yang searah dengan hasil belajar. Persamaan regresi linier sederhana minat belajar dengan hasil belajar yakni, Y = 69,783 + 0,165X2, persamaan ini menunjukkan bahwa minat belajar mempunyai pengaruh yang searah dengan hasil belajar. Persamaan regresi linier berganda kedisiplinan dan minat belajar terhadap hasil belajar yakni, Y = 40,750 + 0,407X1 + 0,138X2, persamaan ini menunjukkan bahwa kedisiplinan dan minat belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar.
Copyrights © 2023