Sewagati
Vol 6 No 2 (2022)

Pendampingan Teknis untuk Peningkatan Kualitas Pengolahan Produk Minyak Serai Wangi (Citronella Oil) di AMKE KTH Panderman, Oro Oro Ombo, Batu

Aulia Muhammad Taufiq Nasution (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Agus Muhamad Hatta (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Detak Yan Pratama (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Iwan Cony Setiadi (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Budidaya tanaman sereh wangi serta ekstraksi kandungan minyak atsirinya memiliki nilai yang sangat tinggi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan harga produk minyak serai akan ditentukan oleh kualitas ekstraksi minyak serai yang dihasilkan. Sementara itu kualitas hasil ekstraksi ini sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik saat proses budidaya dilakukan maupun oleh parameter-parameter proses saat ekstraksi dilakukan. Semua faktor2 yang berpengaruh ini perlu distandarkan dan selalu dikontrol dalam pelaksanaannya, serta penting untuk dipahami oleh pelaku budidaya maupun operator mesin proses ekstraksi. Dalam paper ini akan dilaporkan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Tim Abdimas Departemen Teknik Fisika ITS beserta Tim KKN Tematik Mahasiswa terhadap pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Panderman, selaku kelompok petani pelaku budidaya serai wangi di lokasi Area Modal Konservasi dan Edukasi (AMKE) Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Kegiatan pendampingan ini ditujukan untuk menambah wawasan pengetahuan dan pemahaman mereka akan faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk bisa menghasilkan produk serai wangi yang berkualitas baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...