Sewagati
Vol 6 No 5 (2022)

Alat Monitoring Temperatur, Salinitas, dan Oksigen Terlarut Berbasis IoT pada Budi Daya Tambak Bandeng di Desa Kemangi Kabupaten Gresik

Katherin Indriawati (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Bambang Lelono Widjiantoro (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Mohammad Kamalul Wafi (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Salma Qotrunnada (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Fikri Nurhidayat (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Gregorius Kevin (Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Desa Kemangi yang terletak di Kabupaten Gresik  Jawa Timur merupakan salah satu desa yang mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai petani tambak. Bandeng merupakan hasil utama masyarakat Desa Kemangi yang pengelolaan dan monitoringnya masih dilakukan secara konvensional. Pada paper ini, diuraikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat berbasis penelitian untuk memonitor parameter kualitas air tambak berupa temperatur, salinitas, dan oksigen terlarut (DO). Alat yang digunakan untuk memonitor kualitas air tambak ini dapat bekerja secara realtime dan dilengkapi dengan fitur internet of thing (IoT) sehingga hasilnya dapat diakses lewat smartphone. Alat monitoring yang telah dibuat tersebut dibagikan pada saat kegiatan penyuluhan kepada para petambak. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan pada bagian akhir penyuluhan, diperoleh informasi bahwa semua peserta cukup memahami cara penggunaan dan perawatan alat monitoring kualitas air tambak ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...