Sewagati
Vol 4 No 3 (2020)

AUTOVID (AutoCAD Covid-19): Sebuah Media Pelatihan Software AutoCAD Secara Online untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Yoyok Setyo Hadiwidodo (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Sholihin (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Handayanu (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Imam Rochani (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Nur Syahroni (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Herman Pratikno (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Madi (Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Dampak terjadinya Covid-19 di masyarakat Indonesia telah menghambat kegiatan diberbagai macam sektor secara langsung termasuk pendidikan. Sejak permulaan adanya Covid-19 di Indonesia, mulai dari sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi telah dianjurkan untuk belajar di rumah secara online. Laboratorium Struktur, Material dan Produksi Bangunan Laut, Departemen Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu fasilitas di perguruan tinggi negeri yang mempunyai tenaga teknisi yang profesional dalam menguasai software AutoCAD. Sehingga, tim pengabdi menawarkan ide AUTOVID (AutoCAD Covid-19) sebagai media pelatihan software AutoCAD secara online untuk masyarakat terdampak Covid-19. Adapun sistem pelatihan online yang telah dilaksanakan adalah, melalui media aplikasi meeting online dengan sistem pengenalan, pembelajaran, tugas dan ujian. Selain itu, tim pengabdi menyediakan website yang mengandung konten kumpulan materi autocad dan dapat diakses secara gratis oleh semua masyarakat yang terdampak Covid-19. Manfaat dari pelatihan AutoCAD secara online adalah, menghasilkan tenaga ahli desain dan kedepannya bisa digunakan untuk modal usaha dibidang desain bagi masyarakat terdampak Covid-19. Sehingga, secara tidak langsung dapat meningkatkan sektor pendidikan dan perekonomian di Indonesia. Harapan kedepannya pelatihan ini terus berlanjut setiap tahunnya dan menambah kemampuan peserta yang semakin terasah sampai menghasilkan produk dari hasil desain menggunakan AutoCAD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...