Perkembangan teknologi dan juga tingginya morbiditas dan kualitas pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan/pasien di rumah sakit. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Lasinrang Pinrang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang merupakan salah satu desain penelitian analitik dan tergolong dalam jenis penelitian observasional. Populasi adalah pasien rawat inap di RSUD daerah Lasinrang, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling sebanyak 115 responden, data yang diperoleh dan dianalisis secara linear, serta uji signifikansi t, F, dan R2. Hasil penelitian ini, pelayanan dokter, pelayanan keperawatan, fasilitas pendukung dan pelayanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien di RSUD Lasinrang. Kesimpulan Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai F hitung = 56,719 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh secara signifikan, di sarangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Lasinrang Kab.Pinrang. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien
Copyrights © 2021