Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2023): Januari - April 2023

Development of grubi mathematics module to improve the ability to calculate the addition and subtraction of small numbers in grade 2 elementary students

Lia Nur Anggraini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Isrokatun Isrokatun (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, serta respons modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas 2 SD. Penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi dan media, 24 siswa kelas 2. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli, pretest-posttest berupa soal essay, dan angket respons siswa. Hasil penelitian diperoleh (1) penilaian kelayakan modul dari ahli materi 92,5% dan ahli media 96,7% dengan keduanya dalam kriteria “sangat baik”, (2) keefektifan modul dari hasil tes dengan one group pretest-posttest design diperoleh nilai rata-rata pretest (78,79) yang lebih rendah dari pada posttest (91,38) berarti belajar siswa mengalami peningkatan, (3) modul mendapat respons dari siswa dalam persentase sebesar 89,30% dengan kriteria “sangat baik”. Melalui data tersebut ditunjukkan bahwa modul matematika grubi layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar atas dasar kevalidan dari para ahli, efektivitas dan respons siswa dalam pengembangan modul matematika grubi untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Teruntuk para guru kelas dua yang melaksanakan pembelajaran matematika pada materi yang serupa agar menggunakan modul matematika grubi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...