Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Pengaruh Atmosfer Situsr dan Kemudahan Penggunaan Terhadap emotional Arousal Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce

Luqman Nur Shafly (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Ratna Listiana Dewanti (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Strategi perusahaan e-commerce memenangkan persaingan antara lain perusahaan perlu memperhatikan perancangan situs web yang menciptakan atmosfer pada situs serta sikap konsumen dalam memutuskan pembelian melalui situs e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh virtual layout and design terhadap emotional arousal, pengaruh virtual atmosphere terhadap emotional arousal, pengaruh emotional arousal terhadap keputusan pembelian, pengaruh virtual layout and design terhadap keputusan pembelian, pengaruh virtual atmosphere terhadap keputusan pembelian, pengaruh kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian, pengaruh virtual layout and design terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh emotional arousal, pengaruh virtual atmosphere terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh emotional arousal. Sampel penelitian ini masyarakat Yogyakarta yang pernah membeli produk fashion melalui situs web Tokopedia. Hasilnya terdapat pengaruh virtual layout and design terhadap emotional arousal, terdapat pengaruh virtual atmosphere terhadap emotional arousal, terdapat pengaruh emotional arousal terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh langsung virtual layout and design terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh langsung virtual atmosphere terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh tidak langsung virtual layout and design terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh emotional arousal, terdapat pengaruh tidak langsung virtual atmosphere terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh emotional arousal. Emotional arousal memediasi pengaruh atmosfer situs terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...