JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Kemampuan Memberi Tanggapan Siswa Kelas IX melalui Audio di SMP Negeri 34 Pekanbaru

Dudung Burhanudin (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Tria Putri Mustika (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Fitri Maharani (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan yang didengar melalui audio di SMP Negeri 34 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 34 Pekanbaru yang berjumlah 39 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan dari segi keaktifannya, siswa dapat dikategorikan menjadi aktif, kurang aktif, dan tidak aktif. Siswa aktif berjumlah 9 orang, siswa kurang aktif berjumlah 8 orang, dan siswa tidak aktif berjumlah 8 orang. Jika dinotasikan dalam bentuk persentase siswa yang aktif 41%, kurang aktif 36%, dan yang tidak aktif 23%. Maknanya, dari segi keaktifan dalam memberikan tanggapan, dalam hal ini berbentuk keterampilan berbicara siswa kelas IX 1 berkategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...