Kemampuan literasi matematika ialah kompetensi kompleks dan esensial yang tidak hanya ditentukan berdasarkan tingkat kecerdasan saja tetapi juga pengaturan diri (self-regulation) pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP saat melakukan penyelesaian soal PISA konten quantity diamati dari self-regulation. Pada penelitian ini diterapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek diambil dari 4 siswa kelas IX.8 SMP Negeri 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket self-regulation, dan tes soal PISA konten quantity. Teknik analisis data terdiri dari penyajian data, reduksi data, dan kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan self-regulation sangat baik di ketiga soal mampu terpenuhi keenam indikator literasi matematika. Siswa dengan self-regulation baik, bisa memenuhi lima indikator di soal nomor dua, empat indikator di soal nomor satu dan tiga terpenuhi. Siswa dengan self-regulation cukup baik, keenam indikator pada soal nomor tiga terpenuhi, empat indikator pada soal nomor satu terpenuhi, dan tiga indikator pada soal nomor dua terpenuhi. Siswa dengan self-regulation kurang baik, mampu memenuhi tiga indikator pada ketiga soal.
Copyrights © 2023