Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau Dari Self-Regulation

Anis Santika (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rita Pramujiyanti Khotimah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2023

Abstract

Kemampuan literasi matematika ialah kompetensi kompleks dan esensial yang tidak hanya ditentukan berdasarkan tingkat kecerdasan saja tetapi juga pengaturan diri (self-regulation) pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP saat melakukan penyelesaian soal PISA konten quantity diamati dari self-regulation. Pada penelitian ini diterapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek diambil dari 4 siswa kelas IX.8 SMP Negeri 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket self-regulation, dan tes soal PISA konten quantity. Teknik analisis data terdiri dari penyajian data, reduksi data, dan kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan self-regulation sangat baik di ketiga soal mampu terpenuhi keenam indikator literasi matematika. Siswa dengan self-regulation baik, bisa memenuhi lima indikator di soal nomor dua, empat indikator di soal nomor satu dan tiga terpenuhi. Siswa dengan self-regulation cukup baik, keenam indikator pada soal nomor tiga terpenuhi, empat indikator pada soal nomor satu terpenuhi, dan tiga indikator pada soal nomor dua terpenuhi. Siswa dengan self-regulation kurang baik, mampu memenuhi tiga indikator pada ketiga soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...