VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 1 (2023): APRIL

PENERAPAN FUN REWARDS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Nofriza Efendi (Unknown)
Desi Indriyani (Unknown)
Muhardila Fauziah (Unknown)
Sonia Yulia Friska (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

ABSTRAKPenguatan dan penanaman motivasi belajar ada di tangan guru, karena unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  melalui metode Fun Reward. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 13 Lolong Kota Padang, dengan jumlah siswa  20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar anak melalui penerapan metode Fun Reward dengan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan berhasil dengan skor pencapaian kelas 95% pada siklus II, meningkat dari 72% pada siklus I dan 69% pada siklus I. prasiklus, dan 35% pada prasiklus. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Fun Rewards dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena pelajaran yang disajikan guru menyenangkan.Kata Kunci: Penerapan, fun rewards, motivasi, siswa ABSTRACTStrengthening and instilling learning motivation is in the hands of the teacher, because the most important element in learning activities is the teacher. This study aims to increase student motivation through the Fun Reward method. The type of research used is Classroom Action Research. Meanwhile, the subjects of this study were class II students at SDN 13 Lolong Kota Padang, with a total of 20 students consisting of 10 male students and 10 female students. The results showed that there was an increase in children's learning motivation through the application of the Fun Reward method with very good qualifications and was declared successful with a grade achievement score of 95% in cycle II, an increase from 72% in cycle I and 69% in cycle I pre-cycle, and 35% in cycle I. pracycle. Based on these data it can be concluded that the application of Fun Rewards can increase student motivation because the lessons presented by the teacher are fun.Keywords: Application, fun rewards, motivation, students

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...