Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Swasta Bakti Luhur Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar obsevasi. Sebelum digunakan tes terlebih dahulu divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi panca indera manusia kelas IV SD Swasta Bakti Luhur Medan T.A 2021/2022. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji hipotesis (Uji-T) bahwa nilai t-hitung yang diperoleh 2,987 lebih besar dari t-tabel yaitu 0,573. Hasil rata-rata hasil post test yaitu dengan menggunakan model kooperatif jigsaw sebesar 70,75 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 23. Sedangkan nilai rata-rata dengan penggunaan model konvensional sebesar 50,00 dengan nilai tertinggi 76,9 dan nilai terendah 6,6
Copyrights © 2023