Euclid
Vol 4, No 1 (2017): EDISI JANUARI

Pengaruh Jenis Alat Ukur Tes dan Strategi Pembelajaran Inquiri terhadap Kemampuan Berbikir Kritis Matematika Siswa Madrasah

Firdaus Daus Firdausi (Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2017

Abstract

ABSTRAK      Penelitian  dengan judul “ Pengaruh Jenis Alat ukur tes dan Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Madrasah di DKI Jakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah terdapat pengaruh jenis alat ukur tes terhadap  kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, dan 2) apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran inquiri terhadap  kemampuan berpikir kritis matematika siswa konvensional.      Penelitian ini  dilaksanakan selama kurang lebih  5 bulan terhitung dari kegiatan pengembangan instrument sampai kegiatan laporan hasil yang dimulai pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2016. Tempat  penelitian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4  Jakarta, Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang  digunakan adalah teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan memilih dua kelas sampel secara random dari cluster yang sudah dianggap homogen.      Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh jenis alat ukur tes baik dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda maupun dalam bentuk tes uraian terhadap  kemampuan berpikir kritis matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Tidak adanya pengaruh atau efek jenis alat ukur bentuk uraian terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa disebabkan oleh faktor karakteristik alat ukur tes matematika, dan  keterampilan guru matematika dalam mendesain alat ukur tes.   Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Adanya pengaruh ini disebabkan oleh karena Beberapa factor diantaranya adalah : 1) pembelajaran yang dilakukan sudah  diorientasikan pada pengembangan intelektualitas siswa 2) guru telah  melakukan kegiatan pembelajaran dengan adanya prinsip interaksi antara siswa dengan guru; siswa dengan siswa lain; maupun antara siswa dengan sumber belajar lain, 3) melakukan pembelajaran dengan prinsip bertanya, dan 4) melakukan pembelajaran dengan prinsip keterbukaan; dengan melakukan kegiatan refleksi terhadap materi yang sudah dibahas dengan siswa 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...