Euclid
Vol 9, No 2 (2022)

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASISKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA

Saddam Al Aziz (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Pentingnya menguasai kemampuan pemecahan masalah bagi siswa tidak hanya menjadi tujuan pembelajaran matematika tetapi siswa yang terampil dalam menyelesaikan masalah diprediksi akan berhasil dan sukses dalam abad 21 ini. Akan tetapi berdasarkan riset-riset sebelumnya, disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Padahal kemampuan ini menjadi dasar bernalar dan berfikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keterampilan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasiskan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method research) yang mengkombinasikan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Desain yang digunakan adalah concurrent embedded/nested design. Instrumen data kuantitatif berupa soal tes dan data kualitatif berupa observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah 3 kelas X IPA SMAN Padang yang berjumlah 103 orang. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) siswa cukup terampil menggunakan langkah Polya dalam berpikir memecahkan masalah matematis dengan kemampuan rata-rata tes 51,21; (2)  indikator yang pencapaiannya paling rendah 16,75 pada indikator 4 dan paling tinggi 66,26 pada indikator 1; dan (4) disarankan kepada peneliti selanjutnya mengembangkan pemecahan masalah matematis siswa lebih lanjut dalam bentuk Computational Thinking (kemampuan berpikir komputasi).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...