Euclid
Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli

Analisis Proses Berpikir Menyusun Bukti Matematis Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar

Lilis Marina Angraini (Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
)

Mohammad Dadan Sundawan (Universitas Swadaya Gunung Djati)
Muchamad Subali Noto (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menelaah kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika dalam menyusun bukti matematis, serta mengamati kendala apa saja yang dialami mahasiswa dalam menyusun bukti matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Riau jurusan Pendidikan Matematika, pada mahasiswa semester VI sebanyak 21 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Struktur Aljabar tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pembuktian matematis mahasiswa Universitas Islam Riau dalam menjawab soal Struktur Aljabar memperoleh rata-rata skor sebesar 26 dari skor maksimum 50. Ini artinya kemampuan pembuktian matematis mahasiswa masih kategori cukup namun perlu ditingkatkan lagi agar skor yang diperoleh lebih tinggi. Persentase rata-rata skor kemampuan pembuktian matematis adalah 52%.Kata Kunci: Menyusun Bukti Matematis, Mahasiswa Calon Guru, Struktur Aljabar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...