Euclid
Vol 2, No 2 (2015): EDISI JULI

DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

Fitrianto Eko Subekti (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Reni Untarti (Unknown)
Malim Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan komunikasimatematis mahasiswa PGSD Semester V Universitas Muhammadiyah Purwokerto.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalahmahasiswa PGSD yang mengambil mata kuliah statistik pendidikan pada tahun ajaran2014/2015. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes uraian kemampuankomunikasi matematis dan wawancara untuk menggali informasi mendalam danpendapat mahasiswa, sehingga diperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematismahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada mahasiswa dengankemampuan komunikasi rendah untuk beberapa soal mereka tidak mampu memberikanjawaban secara rasional dan lengkap serta tidak mampu menginterpretasikan hasil darioutput tersebut, 2) pada mahasiswa dengan kemampuan komunikasi sedang, merekasudah mampu menjawab pertanyaan secara rasional walupun tidak lengkap, dan merekasudah dapat menginterpretasikan hasil secara benar walaupun tidak lengkap, dan 3)pada mahasiswa dengan kemampuan komunikasi tinggi, mereka sudah mampumenjawab pertanyaan secara rasional dan lengkap serta mampu menginterpretasikanhasil secara benar, walaupun belum lengkap.Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Statistik Penelitian

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...