DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 1 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengembangan DLM (Digital Learning Material) Kelas IV Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku

Hatma Heris Mahendra (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Riga Zahara Nurani (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Fajar Nugraha (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas hasil pengembangan DLM (Digital Learning Material). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa dikenal dengan metode Research and Development (R&D). Metode R&D bertujuan menghasilkan produk yang valid, layak dan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan produk menggunakan model Thiagarajan 4-D (Four D Model). Subjek dari penlitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Babakan Goyang Kota Tasikmalaya. Data hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan penilaian dari validator ahli media diperoleh nilai 89,58% dengan kategori sangat baik, dan nilai 93,75% d penilain validator ahli materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik. Dengan rata-rata penilaian dari kedua validator sebesar 91,66%. Hasil uji coba lapangan mendapat nilai signifikansi signifikansi Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai α yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,001< 0,05). Dari hasil tersebut maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji coba lapangan menunjukkan pengaruh penggunaan DLM terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Produk DLM yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...