Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli

PENGARUH MENULIS SAINS TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SD NEGERI BIMA KOTA CIREBON)

Tarmidzi Tarmidzi (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Menurut teori belajar Konstruktivisme, pendidikan akan bermakna dan tersimpan dalam memori jangka panjang siswa jika mereka “membangun” sendiri pengetahuannya, dalam hal ini siswa menjadi subjek dalam pembelajaran yang aktif.  Salah satu aktivitas dalam kegiatan belajar adalah menulis.  Semakin terampil seseorang berbahasa, mencerminkan kecerahan dan kejelasan jalan pikirannya.  Tim pengembang Writing Across Curriculum dari Michigan Science Teacher Association (MSTA) and The Office School Improvement menyatakan bahwa menulis dapat membantu siswa menemukan pengetahuan baru, memilah-milah pengetahuan sebelumnya, membuat hubungan dan mengungkap ide-ide baru yang mereka tulis.  menulis dalam kelas sains dapat juga berarti “(1) mengingat pengetahuan lama untuk menyiapkan aktivitas baru; (2) mengembangkan pelajaran baru; (3) menggabungkan dan mengulas ide-ide; serta (4) merumuskan kembali dan memperluas pengetahuan”.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tambahan pembahasan secara deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan bahwa menulis sains memengaruhi kemampuan keterampilan proses sains siswa secara signifikan sebesar 26,2%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...