Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2018): Edisi Juli

BELAJAR BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) AUSUBEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

Tarmidzi Tarmidzi (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Belajar bermakna (Meaningful Learning) yang dicetuskan oleh David Ausubel merupakan suatu proses dikaitkannya informasi-informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang (Dahar dalam Trianto, 2007: 25).  Peta konsep dimaksudkan untuk mewakili hubungan antar konsep  yang bermakna dalam bentuk proposisi (Novak & Gowin, 1984: 15).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan  model peta konsep.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai tambahan pengetahuan mengenai model-model pembelajaran agar dapat digunakan sendiri sebagai sarana belajar guna meningkatkan pengetahuan dan/atau sebagai tambahan referensi cara mengajar agar di kemudian hari dapat digunakan di sekolah dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen lemah yang desain dan perlakuannya seperti eksperimen tetapi tidak ada pengontrolan variabel sama sekali dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang (33%) mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unswagati Cirebon dan desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design.  Hasil pengujian perbedaan menggunakan Uji T Sampel Berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran peta konsep.   Kata Kunci:  Belajar Bermakna, Peta Konsep, dan Pemahaman Konsep

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...