Publish : Basic and Applied Research Publication on Communications
Vol 1 No 2 (2022)

Pengaruh Terpaan Media Terhadap Minat Berkunjung pada Sial Interfood Expo Jakarta 2022

Diana Anggraeni (Universitas Pancasila)
Tabitha Deborah (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Sektor kuliner kini menunjukkan berbagai upaya kebangkitan setelah lumpuh akibat munculnyapandemi Covid-19 pada Maret 2020 di Indonesia. Salah satunya adalah hadirnya event SIALInterfood Expo 2022 harapannya menjadi langkah pasti untuk keberlanjutan usaha bagi pelakuusaha kuliner. Penyelenggara event ini menggunakan Instagram sebagai media promosinya,sehingga masyarakat dapat hadir di pameran SIAL Interfood 2022. Sifat interaktivitas, biaya,jangkauan audiens yang lebih luas dan spesifik menjadikan media sosial Instagram mampumenjangkau penggunanya serta mendorong penggunanya untuk berkunjung. Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan media Instagram terhadap minatberkunjung pengguna Instagram @interfoodexpo. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme dengan unit analisisnya yaitu followers@interfoodexpo. Pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas sebanyak 100 responden.Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form melalui directmessage Instagram, Whatsapp chat, dan Twitter. Hasil penelitian menunjukkan terpaan mediasosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pada SIAL Interfood Expo2022. Temuan lainnya mengungkapkan nilai pengaruh terpaan media termasuk cukup tinggi yakni31,2%, sementara itu sebesar 68,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak disebutkan danditeliti dalam penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti denganmenggunakan pendekatan kualitatif mengenai responden dari penelitian ini yang didominasi olehgender perempuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

publish

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) memuat artikel-artikel dari hasil penelitian berbasis pengetahuan di bidang komunikasi jurnalistik. Artikel berasal dari tulisan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila atau universitas lain. Jurnal ...