cover
Contact Name
Aprilianti Pratiwi
Contact Email
aprilyantipratiwi@univpancasila.ac.id
Phone
+6281296189032
Journal Mail Official
jurnalpublish.fikomup@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, 12630, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications)
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 28303652     EISSN : 28303598     DOI : https://doi.org/10.35814/publish.v1i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) memuat artikel-artikel dari hasil penelitian berbasis pengetahuan di bidang komunikasi jurnalistik. Artikel berasal dari tulisan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila atau universitas lain. Jurnal menerbitkan jurnal yang membahas tentang wacana jurnalistik kontemporer, komunikasi pemasaran dan semiotika. Topik dan isu yang dibahas dalam jurnal termasuk tetapi tidak terbatas pada Jurnalisme atau Konten Media, seperti sosial, budaya, politik, ekonomi, pembangunan, kemanusiaan dan komunitas, sains, teknologi, dll.; manajemen media; penelitian audiens; media dan masyarakat.
Articles 18 Documents
Pengaruh Terpaan Berita Vaksin Covid-19 di Kompas.com Terhadap Persepsi Vaksinasi di Kalangan Generasi Z Anisa Giovanny; Retor A.W. Kaligis
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.252 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3491

Abstract

Media online Kompas.com sering mempublikasikan berita mengenai vaksin covid-19. Pembaca Kompas.com pun beragam, salah satunya adalah generasi Z. Dengan banyaknya berita vaksin covid-19 yang ditampilkan oleh Kompas.com, maka dapat memengaruhi persepsi pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara terpaan berita vaksin dan persepsi tentang vaksinasi di kalangan generasi Z. Dengan menggunakan konsep terpaan dan persepsi, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan memperoleh 100 responden yang merupakan generasi Z berdomisili di Jakarta. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara terpaan berita dan persepsi, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 84%. Sedangkan berdasarkan koefisien determinasi juga didapatkan hasil bahwa terpaan berita vaksin memiliki pengaruh 71,6% terhadap persepsi dan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeuaty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin Bunga Rizky Oktaviani; B. Helpris Estaswara
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.904 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3492

Abstract

Melakukan perawatan di klinik atau pun pembelian kosmetik, kini telah menjelma sebagai kebutuhan yang esensial. Kondisi ini disebabkan karena adanya pemahaman yang tinggi mengenai pentingnya penampilan diri. Akibatnya, terjadi peningkatan penjualan produk kecantikan, bahkan pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, terlebih perusahaan kosmetik. Akhirnya, merek-merek kosmetik melakukan strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi electronic word of mouth (eWOM) merupakan satu diantara bentuk komunikasi pemasaran mengenai ulasan konsumen kepada konsumen lainnya perihal merek, produk, jasa dan perusahaan yang disampaikan secara daring. Avoskin melalui akun Twitter @avoskinbeauty selaku merek skincare lokal memanfaatkan eWOM untuk mendapat calon konsumen potensial dan mendorong keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh eWOM di media sosial Twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian Avoskin. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampelnya adalah stratified random sampling dengan jumlah 396 pengikut akun Twitter @avoskinbeauty. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian, di mana pengaruhnya sebesar 30,6%.
Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan Serial Animasi BoBoiBoy di Televisi Terhadap Perilaku Imitasi Anak Kartika Anggraeni; B. Helpris Estaswara
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.913 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3493

Abstract

Anak-anak mudah meniru setiap tayangan yang disiarkan melalui televisi, seperti adegan kekerasan, pornografi, sampai perilaku yang tidak menghormati orang tua atau orang terdekat. Hal ini tentunya berdampak negatif bagi anak-anak. Acara televisi yang diangkat dalam tulisan ini adalah tayangan kekerasan serial animasi BoBoiBoy. Ada pun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh menonton tayangan kekerasan serial animasi BoBoiBoy terhadap perilaku imitasi anak. Teori yang digunakan adalah teori kultivasi, di mana teori ini menjelaskan bagaimana dampak yang diperoleh seseorang setelah mengonsumsi media dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Studi ini juga menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 75 responden dengan pengambilan data melalui google form. Berdasarkan hasil uji regresi ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan menonton serial animasi BoBoiBoy di televisi terhadap perilaku imitasi anak.
Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran Kartika Nur Amalia; Umar Halim
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.634 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3496

Abstract

Awal tahun 2020 semua dunia berubah seketika dengan munculnya virus COVID-19. Salah satu industri yang terkena dampak adalah pendidikan, di mana semua orang di dunia harus melakukan segala aktivitas di rumah masing-masing. Dengan begitu, internet lebih sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Permasalahan dari penelitian ini adalah sejauh mana para responden menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Konsep penggunaan internet diukur dengan dua fungsi media, yaitu: sebagai sumber informasi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan angket secara online kepada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. Data yang berhasil dianalisis sebanyak 199 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden tidak hanya menjadikan internet sebagai sumber informasi, namun juga sebagai sumber komunikasi dalam aktivitas pembelajaran. Adapun teknologi yang dimanfaatkan untuk proses pembelajaran adalah smartphone/handphone.
Upaya Peningkatan Brand Awareness Pt. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.Id) Melalui Marketing Public Relations Valeria Alprits Marchus; Nathalia Perdhani
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.811 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3497

Abstract

Munculnya banyak perusahaan startup di bidang pendidikan berdampak pada tingginya persaingan. Di tengah persaingan tersebut, penting untuk membangun brand awareness. PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id ) merupakan salah satu startup di bidang pendidikan yang baru berdiri pada 21 Oktober 2021. Sebagai startup baru di tengah banyaknya persaingan dan dalam situasi pandemi, PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id) penting untuk membangun brand awareness. Penelitian ini menggali bagaimana upaya peningkatan brand awareness PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilihjurusan.id) melalui peran marketing public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing public relations dan brand awareness. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam meningkatkan brand awareness, marketing public relations membuat event, melakukan kolaborasi dengan marketing business development untuk memberikan promo dalam event, dan melakukan kerja sama dengan pihak eksternal.
Tingkat Kesadaran Masyarakat Mengenai Program Pengurangan Penggunaan Plastik Melalui Konten Instagram @pemkotbogor (Studi pada Followers Instagram @pemkotbogor) Wina Kris Indriati; Anna Agustina
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.781 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i1.3498

Abstract

Upaya kota Bogor untuk mengurangi sampah plastik salah satunya dengan program pengurangan penggunaan plastik di pusat perbelanjaan. Salah satu cara mensosialisasikan program tersebut adalah dengan cara mengunggah konten mengenai program tersebut melalui akun Instagram @pemkotbogor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kesadaran masyarakat mengenai program pengurangan penggunaan plastik sekali pakai yang diunggah oleh akun Instagram @pemkotbogor. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu tingkat kesadaran masyarakat yang terdiri atas tiga dimensi, yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah followers akun Instagram @pemkotbogor yang telah memberikan like pada unggahan program pengurangan penggunaan plastik, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat akan program pengurangan penggunaan plastik sudah pada tahap tindakan atau perilaku di mana masyarakat sudah mengganti kantong plastik sekali pakai dengan tas yang lebih ramah lingkungan yang bisa dipakai secara berulang.
Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger pada Kanal Youtube Tasya Farasya Terhadap Perilaku Merias Wajah Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar Yuhdi Fahrimal
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.455 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i2.4098

Abstract

Perilaku merias wajah merupakan aktivitas yang menjadi representasi kebutuhan dasar perempuan modern saat ini. Metode dan teknik merias wajah telah berkembang seiring dengan kemunculan beauty vlogger yang membagikan teknik, metode, dan cara merias wajah melalui berbagai kanal digital seperti Youtube. Salah satu beauty vlogger dengan jumlah pengikut yang banyak dan menginspirasi perilaku merias wajah adalah Tasya Farasya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan video beauty vlogger pada kanal Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku merias wajah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar. Metode dalam penelitian ini metode kuantitatif eksplanatif dengan dua variabel, yaitu, terpaan video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya sebagai variabel independen (X) dengan indikator frekuensi, durasi, dan atensi serta perilaku merias wajah sebagai variabel independen (Y) dengan indikator pengetahuan, sikap, dan tindakan. Responden dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswi aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar tahun ajaran 2020/2021 yang ditentukan dengan rumus Slovin dan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai determinasi R square = 0,448. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkat pengaruh terpaan video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya terhadap perilaku merias wajah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar cukup kuat sebesar 44,8%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa video beauty vlogger kanal Youtube Tasya Farasya berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswi dalam merias wajah. Pengaruh dari masing-masing indikator turut dibahas.
Resepsi Remaja Perempuan tentang Resistensi pada Body Shaming (Analisis Resepsi Video Musik “I’m Ugly” Ramengvrl) Almira Putri Kirana; Cici Eka Iswahyungtyas
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.874 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i2.4140

Abstract

Body shaming atau perasaan malu pada tubuh muncul karena standardisasi kecantikan dan tubuh ideal perempuan di dalam media massa. Di tengah maraknya media arus utama yang membentuk strandardisasi kecantikan, beberapa produsen media mulai melakukan resistensi pada body shaming salah satunya produk budaya popular video musik berjudul “I’m Ugly” (2021) karya penyanyi perempuan asal Indonesia, Ramengvrl. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pemaknaan khalayak remaja perempuan tentang resistensi body shaming yang ditampilkan dalam video musik Ramengvrl “I’m Ugly”. Melalui penggunakan teori Analisis Resepsi, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pemaknaan khalayak remaja perempuan terhadap aspek-aspek resistensi body shaming didominasi posisi dominan di mana mereka menerima adanya resistensi standar kecantikan tentang bentuk badan ideal, kulit ideal, rambut ideal, dan bentuk mata ideal. Pada pemaknaan khalayak posisi negosiasi dipengaruhi dari latar belakang pendidikan, relasi interpersonal dan konsumsi media massa.
Lembaga Penyiaran Publik – Radio Republik Indonesia: Studi Produksi dan Distribusi Konten dalam Era Integrasi Media Gita Triana Amanda; Alfito Deannova Ginting; Nada Sofiyani
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.028 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i2.4197

Abstract

Tersedianya beragam media memberi banyak pilihan dan juga peluang untuk menggabungkan penyebaran konten kepada publik. Integrasi media dalam menyebarkan konten serupa bukan saja memberi peluang lebih bagi organisasi media, tetapi juga memberi kemudahan bagi publik yang saat ini juga memiliki perilaku menggunakan multimedia dalam mengakses informasi. Artikel ini bertujuan memberikan deskripsi penggabungan media publik radio dan media baru Youtube, dalam menyebarkan konten. Pendekatan kualitatif dan konsep strategi penyebaran konten menjadi rujukan dalam menjabarkan deskripsi kajian. Melalui teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, kajian ini berhasil menemukan strategi yang dilakukan LPP RRI. Produksi siaran radio dilakukan mandiri oleh LPP RRI, lalu distribusinya dilakukan bertahap dengan memanfaatkan jejaring RRI terlebih dulu, kemudian diperluas penyebaran kontennya melalui jejaring media sosial Youtube. Tantangan yang juga ditemukan dalam kajian adalah integrasi masih belum optimal, mengingat digitalisasi belum dilakukan, sehingga penyebaran konten masih terbatas dan belum bisa menandingi konten yang disebarluaskan melalui media digital. Hal ini menjadi masukan bagi LPP RRI untuk bisa mengoptimalisasi produksi dan distribusi kontennya melalui media digital.
Penerimaan Penonton Mengenai Makna Stereotip Gender Perempuan dalam Film “Mulan (2020)” Anita Puspa Anggraeni; Aprilianti Pratiwi
Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.173 KB) | DOI: 10.35814/publish.v1i2.4199

Abstract

Pengangkatan isu stereotip gender perempuan dalam film “Mulan (2020)” dibalut dengan latar belakang kebudayaan China kuno. Penelitian ini, memiliki tujuan untuk menganalisis proses penerimaan penonton mengenai makna stereotip gender perempuan dalam film. Penelitian ini menggunakan analisis penerimaan (reception analysis) yang berfokus pada penerimaan penonton atas pesan yang disampaikan oleh media. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian melihat proses penerimaan penonton. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dengan individu penonton yang tertarik dan menonton film “Mulan (2020)”. Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah adanya perbedaan individu penonton dalam menerima pesan stereotip yang disampaikan dalam film “Mulan (2020)” dengan dikategorikan dalam posisi dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Sebanyak tiga informan menduduki posisi dominan dengan menerima pesan stereotip gender perempuan melalui film, sedangkan dua informan memiliki posisi negosiasi yang menerima pesan stereotip gender perempuan berdasarkan pengalaman. Ketidakadaan individu penonton yang berada pada posisi oposisi. Kekurangan pemahaman masyarakat tentang stereotip gender dapat membuat pola pikir masyarakat tidak maju dan selalu memberikan pandangan antar gender perempuan dan laki-laki. Sehingga, berubahnya pola pikir masyarakat mengenai stereotip.

Page 1 of 2 | Total Record : 18