Pengetahuan inbound marketing ini penting dilakukan untuk mengembangkan potensi masyarakat saat ini, terutama bidang pendidikan di SMA Tri Ratna Sibolga. Dengan adanya SMA Tri Ratna memiliki kurikulum dan fasilitas untuk pembuatan konten digital dapat didistribusikan kepada masyarakat secara real-time. Strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mendukung pelatihan pembuatan konten digital ini berupa identifikasi kebutuhan mitra, perencanaan persiapan pengabdian, pelaksanaan kegiatan pengabdian, dan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan. Untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian, tim melakukan pembekalan pengetahuan siswa siswi SMA Tri Ratna Sibolga yaitu pengenalan digital inbound marketing, rancangan penyusunan skenario kota sibolga dan perancangan setiap skenario dengan bantuan tools. Tools yang digunakan untuk mendukung perancangan skenario adalah Sparkol VideoScribe. Untuk pendistribusian data kuesioner, tim pengabdian menggunakan evaluasi pre-test dan post-test. Hasil evaluasi kuesioner membuktikan bahwa peserta sangat berminat menyusun setiap skenario video singkat berisi pengenalan kota Sibolga. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang diterima setiap peserta pengabdian untuk berpikir logis dan pengembangan konten digital yang lebih baik.
Copyrights © 2021