Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2021): Mei

PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL INBOUND MARKETING BAGI SISWA/I SMA TRI RATNA SIBOLGA

Catherine Catherine (Unknown)
Fandi Halim (Unknown)
Chatrine Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Pengetahuan inbound marketing ini penting dilakukan untuk mengembangkan potensi masyarakat saat ini, terutama bidang pendidikan di SMA Tri Ratna Sibolga. Dengan adanya SMA Tri Ratna memiliki kurikulum dan fasilitas untuk pembuatan konten digital dapat didistribusikan kepada masyarakat secara real-time. Strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mendukung pelatihan pembuatan konten digital ini berupa identifikasi kebutuhan mitra, perencanaan persiapan pengabdian, pelaksanaan kegiatan pengabdian, dan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan. Untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian, tim melakukan pembekalan pengetahuan siswa siswi SMA Tri Ratna Sibolga yaitu pengenalan digital inbound marketing, rancangan penyusunan skenario kota sibolga dan perancangan setiap skenario dengan bantuan tools. Tools yang digunakan untuk mendukung perancangan skenario adalah Sparkol VideoScribe. Untuk pendistribusian data kuesioner, tim pengabdian menggunakan evaluasi pre-test dan post-test. Hasil evaluasi kuesioner membuktikan bahwa peserta sangat berminat menyusun setiap skenario video singkat berisi pengenalan kota Sibolga. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang diterima setiap peserta pengabdian untuk berpikir logis dan pengembangan konten digital yang lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...