Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2022): Februari

PELATIHAN BAHASA JERMAN TINGKAT A2 STANDAR KEMAMPUAN BERBAHASA EROPA (CEFR) SECARA DARING BAGI GURU-GURU BAHASA JERMAN SE JAWA TIMUR

Dewi Kartika Ardiyani (Universitas Negeri Malang)
Primardiana Hermilia Wijayanti (Universitas Negeri Malang)
Edy Hidayat (Universitas Negeri Malang)
Lilis Afifah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan materi pelatihan bahasa Jerman tingkat A2 CEFR ( Common European Framework of Reference for Languange) untuk empat keterampilan berbahasa kepada guru bahasa Jerman SMA di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan melalui beberapa tahapan mulai dari sosialisasi, penerapan, latihan, uji coba dan diskusi hasil kerja. Setelah mendapatkan pelatihan semua guru akan melaksanakan uji coba ujian A2 CEFR. Uji coba penting dilakukan sebagai persiapan menghadapi ujian internasional tingkat A2. Setelah kegiatan pelatihan dilakukan diskusi hasil kerja, diskusi pengembangan, dan diskusi perbaikan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi pengajaran di kelas nantinya. Didapatkan hasil yang membuktikan bahwa peningkatan kemampuan bahasa Jerman Tingkat A2 standar kemampuan berbahasa Eropa secara daring bagi guru-guru bahasa Jerman se Jawa Timut dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil angket diperoleh data bahwa pelatihan sejenis sebaiknya dilanjutkan dengan diakhiri ujian A2 standar internasional. Selain itu sebaik praktik baik, pengetahuan yang diperoleh peserta dapat diterapkan di kelas pembelajaran bahasa Jerman di sekolah masing-masing.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...