Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2023): Februari

PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR

Sani Safitri (Universitas Sriwijaya)
Dwi Hasmidyani (Universitas Sriwijaya)
Alian Sair (Universitas Sriwijaya)
Siti Fatimah (Universitas Sriwijaya)
Alfiandra Alfiandra (Universitas Sriwijaya)
Dina Tiara (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi mayoritas guru masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) . Berdasarkan analisis situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode dan bentuk kegiatan pengabdian berupa pendampingan dengan 3 langkah kegiatan yaitu pertama ; pelatihan terbimbing peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS (konsep, prinsip, karakteristik pembelajaran) , kedua ; simulasi pembuatan desain pembelajaran berorientasi HOTS, ketiga observasi dan evaluasi produk desain pembelajaran berorientasi HOTS. Setelah dilaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan rancangan pembelajaran berorientasi HOTS dan hasil observasi terhadap produk kegiatan disimpulkan terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS yang ditandai hal sebagai berikut: pertama, guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang rancangan pembelajaran berorientasi HOTS. Perbandingan hasil pre test an post test menunjukkan peningkatan yang signifikan, kedua guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat desain pembelajaran berorientasi HOTS yang diawali dengan analisis KD, menentukan target pengetahuan dan keterampilan, merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang berorientasi HOTS, dan menuliskan langkah- langkah pembelajaran yang didalamnya tergambar aktivitas yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) ketiga guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat soal berorientasi HOTS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...