JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 13, No 2: December 2022

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Raffiani Mudiyanti (Universitas Negeri Jakarta)
Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta)
Endang Wahyudiana (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Abstrak : Pengembangan Media Papan Permainan dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan Papan PETRALIS (Permainan Terampil Tulis) sebagai media pembelajaran menulis untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Responden yang terlibat yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi, dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner. Melalui uji ahli diperoleh skor 85,88% dari ahli media, 95% dari ahli bahasa, dan 97,14% dari ahli materi. Untuk one to one evaluation diperoleh skor 99,58% dan small group evaluation diperoleh skor 97,81%. Hal ini menunjukkan Papan PETRALIS mencapai kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Papan Permainan, Pembelajaran Menulis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...