Sahid Business Journal: Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021

ANALISIS NISBAH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH NASABAH DEPOSITO MUDRABAH (Studi Pada Koperas Baitul Maal Wat Tamwil Khidmatul Ummah Periode 2017-2019)

Salam (Unknown)
Rully Trihantana (Unknown)
Mohamad Kharis Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) pada awalnya didirikan sebagai lembaga ekonomi kerakyatan yang membantu masyarakat miskin, miskin dan hampir miskin. Namun, berkembang, dengan menciptakan produk penggalangan dana. Produk penghimpunan dana meliputi tabungan dan deposito berjangka (deposito) dengan prinsip mudharabah. Pendirian BMT dimaksudkan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi melalui penyediaan produk-produk syariah. Dengan demikian BMT dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yaitu hasil perhitungan dari persentase nisbah bagi hasil deposito mudharabah jangka waktu 12 bulan dan data jumlah nasabah deposito mudharabah jangka waktu 12 bulan dalam 3 tahun terakhir. yaitu dari tahun 2017 - 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nisbah bagi hasil dan jumlah penabung mudharabah memiliki hubungan positif yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah simpanan di KBMT Khidmatul Ummah karena nisbah bagi hasil deposito mudharabah yang disediakan/ditawarkan oleh KBMT Khidmatul Ummah sangat menguntungkan bagi penabung dan menggiurkan bagi calon penabung. Kesimpulan dari penelitian ini Berdasarkan hasil analisis korelasi, hasil uji analisis korelasi menunjukkan tanda positif (+) yang berarti ada hubungan positif antara keduanya. Besaran korelasinya adalah 0,972 (>0,05), artinya tingkat persentase berkorelasi kuat dengan peningkatan jumlah deposan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SahidBusinessJ

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Sahid Business Journal adalah peer-reviewed jurnal ilmiah berisi hasil penelitian ilmiah primer, kajian, ulasan ilmiah atau komentar/ kritik atas artikel yang diterbitkan di Sahid Business Journal. Sahid Business Journal menerima manuskrip atau artkel dalam bidang manajemen dan bisnis syariah dari ...