cover
Contact Name
Tubagus Rifqy Thantawi
Contact Email
trifqythan@febi-inais.ac.id
Phone
+628997577646
Journal Mail Official
trifqythan@febi-inais.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Dasuki Bakri KM 06 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor 16810
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Sahid Business Journal: Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Sahid Business Journal adalah peer-reviewed jurnal ilmiah berisi hasil penelitian ilmiah primer, kajian, ulasan ilmiah atau komentar/ kritik atas artikel yang diterbitkan di Sahid Business Journal. Sahid Business Journal menerima manuskrip atau artkel dalam bidang manajemen dan bisnis syariah dari akademisi, peneliti dan praktisi manajemen bisnis syariah baik nasional maupun internasional. Bidang keilmuan yang bisa diterbitkan di Sahid Business Journal meliputi: - Manajemen Syariah , - Manajemen Bisnis Syariah, - Literasi ekonomi dan Bisnis Syariah, - Bidang lainnya yang relevan dengan lingkup manajemen dan bisnis syariah
Articles 36 Documents
ANALISIS NILAI-NILAI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH MENGENAI PENGARUH JASA ENDORSER SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE DALAM MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN Fitriah; Tubagus Rifqy Thantawi; Hasbi Ash Shiddieqy
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.96 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.8

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis yang begitu cepat membuat persaingan didunia bisnis begitu pesat. Sehingga mendorong pelaku bisnis untuk berupaya menarik konsumen dalam meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan jasa endorser sebagai media promosi online melalui media sosial Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter dan Instagram sebagai dalam meningkatkan omzet perusahaan. Jenis penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kuantitatfif yang menggunakan skala likert, dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan metode Tabachic & Fidell. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan Software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh omzet perusahaan yang terdiri atas whatsapp, instagram, facebook, twitter dan youtube secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif. Namun lebih dominan instagram dan facebook yang berpengaruh nyata dan positif terhadap kenaikan omzet perusahaan, dengan nilai koefisien regresi variabel sebesar 0.564 yang artinya jika Instagram mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai omzet perusahaan akan naik sebesar 0,564. Peningkatan nilai-nilai Instagram mendorong peningkatan dalam omzet perusahaan .nilai koefisien regresi variabel sebesar 1.007 yang artinya jika Facebook mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai omzet perusahaan akan naik sebesar 1.007. Peningkatan nilai-nilai Facebook mendorong peningkatan dalam omzet perusahaan.
BUSINESS MODEL CANVAS PRODUK HALAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN PAMIJAHAN BOGOR Istianah Khoeriyah; Rully Trihantana; Bayu Purnama Putra
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.798 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.9

Abstract

Bogor Regency is a part of West Java Province which is quite rich in natural and human resource potential. The dynamic development of the economy, population and education also affects the increasing demand for food products in Bogor Regency. The number of MSMEs in Pamijahan Bogor do not have a halal certificate for the products they produce. Meanwhile, the halal certificate for food or beverage products is very important for the Muslim community, given the fact that the majority of the population in Pamijahan Bogor is Muslim. This research uses descriptive qualitative analysis method, with a management tool, namely the Business Model Canvas (BMC). BMC formulations are used for three MSMEs in the Pamijahan Bogor area, namely: (1) Rincik Manik Business, (2) RC Donuts Business, (3) Arema Meatball Business. The formulation consists of nine elements, namely (1) customer segment, where the majority of MSMEs use the mass market, the consumer market (Business to Consumer) and some use the reseller market (Business to Business). (2) The proportion of values, namely having a distinctive taste, using quality and original materials, in accordance with the principles of Islamic law, and a place that is easy to find. (3) Channels, using the Direct system, namely consumers who come directly to the UMKM places, and Indirect, namely through retailers / partners for those who already have partners. (4) Customer relations, namely retention (retaining) customers by making good direct interactions with employees and consumers. (5) Revenue streams, only from product sales. (6) Main resources, consisting of business premises, motorbikes, production and sales equipment and equipment, SIUP, brands, partnerships, and private capital. (7) Key activities, consisting of production, distribution and marketing of products to be sold. (8) Main partnerships, namely suppliers of raw materials and business partners. (9) Cost structure, consisting of building rental costs, electricity costs, raw material costs, employee salary costs, employee consumption costs, maintenance costs, waste costs, and water costs.
ANALISIS KINERJA DEWAN PENGAWAS SYARIAH (DPS) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) KHAIRU UMMAH CABANG LEUWISASENG BOGOR Noni Alpiani; Rully Trihantana; Bayu Purnama Putra
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.486 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.10

Abstract

Pokok masalah dalam skirpsi ini adalah kinerja Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Khairu Ummah. Dua rumusan masalah yang penulis kaji yakni bagaimana mekanisme kerja, serta efektifitas kinerja DPS di perusahaan tersebut. Ditujukan untuk mengetahui sekaligus menganalisis kinerja DPS apakah benar sesuai pada regulasi sebagai pengawas resmi bentukan MUI, pun perihal pencapaian kinerja pengawasan dalam setiap KSPPS Khairu Ummah. Penelitian ini penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Hasil yang penulis dapatkan dari penelitian yakni mekanisme kerja DPS mengacu kepada regulasi seperti DSN-MUI. Pencapaian ini merupakan bukti kinerja DPS dalam mengawasi operasional perusahaan agar tetap berjalan pada lininya sebagai badan pengawas resmi. Kendati demikian, DPS pada KSPPS Khairu Ummah, tetap memiliki kelemahan. Kelemahan ini esensinya tidak melanggar regulasi yang ada. Hanya saja, dalam penerapan akad wakalah di khawatirkan banyak ketidak jujuran.
STRATEGI PENGEMBANGAN WIRAUSAHA SYARIAH DI KALANGAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR Saepul Ambri; Tubagus Rifqy Thantawi; Mohamad Kharis Mubarok
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.462 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.11

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena angka pengangguran pada negara Indonesia semakin meningkat, cara memperkecil jumlah pengangguran yaitu dengan berwirausaha, dalam Al-qur’an Allah SWT memerintahkan berwirausaha secara syariah seperti yang dicontohkan rasulullah. Institut Agama Islam Sahid Bogor merupakan salah perguruan Tinggi yang mengharuskan mahasiswanya untuk berwirausaha syariah, namun jumlah mahasiswa berwirausaha masih sedikit karena sebagian mahasiswa tidak begitu tertarik untuk berwirausaha, dari itu dibutuhkalah strategi dalam pengembangan wirausaha syariah pada mahasiswa. Jenis penelitian bersifat deskriptif kualitatif, informan penelitian mahasiswa Kampus Institut Agama Islam Sahid Bogor dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi adapun analisis data penelitian yaitu analisis SWOT pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman lingkungan internal dan eksternal. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan wirausaha syariah adalah lebih meningkatkan sumber daya manusia dalam pemberian ilmu wirausaha syariah, menyediakan fasilitas penunjang dalam kegiatan berwirausaha seperti usaha yang dapat dikelola mahasiswa, serta memberikan dukungan dengan mendirikan koperasi yang dapat membantu permodalan kegiatan mahasiswa berwirausaha.
ANALISIS MENGENAI PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG SYARIAH (Studi Pada Pengguna Shopee) Tia Rismaya; Ujang Buchori Muslim; Hasbi Ash Shiddieqy
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.845 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.12

Abstract

Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada e-commerce Shopee serta meninjaunya dalam perspektif Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan aplikasi google form. Pengambila sample menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 102 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh terhadap minat beli dilihat dari nilai thitung (1,169 ) < ttabel (1,958). Selanjutnya variabel kepercayaan pun tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli dilihat dari thitung (0,911) < ttabel (1,958). Pada variabel harga tidak berpengaruh secara parsial dengan nilai thitung (0,346) < ttabel (1,958). Sedangkan pada variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai thitung (3,872) > ttabel (1,958). Secara simultan variabel promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli dilihat dari nilai Fhitung (24,991)> Ftabel (2,70) dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,487, artinya variabel promosi, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan cukup berpengaruh sebesar 48,7 % terhadap minat beli dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS PRINSIP-PRINSIP SYARIAH KINERJA KEUANGAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN DANA AMANAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TENJOLAYA KABUPATEN BOGOR Ismatul Khoer; Tubagus Rifqy Thantawi; Ermi Suryani
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.106 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.28

Abstract

Unit Pengelola Kegiatan UPK Perkumpulan DAPM Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor tidak boleh lepas dari prinsip syariah selain tentunya pengoperasiannya berdasarkan prinsip Juknis Operasional Program Nasional Kemandirian. Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan (PTO PNPM MPd). Namun penerapan dan penerapan prinsip syariah dalam kinerja Himpunan UPK DAPM Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor belum dapat dipastikan. Sebab, pedoman utamanya adalah PTO PNPM MPd. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis prinsip syariah terhadap kinerja keuangan UPK DAPM Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Deskripsi kualitatif dalam hal ini adalah setelah semua data terkumpul, kemudian dianalisis dan dijelaskan secara lebih rinci dan sistematis. Dengan demikian, dapat diuraikan secara menyeluruh, dipahami, dianalisis serta diberikan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kinerja keuangan Himpunan DAPM UPK Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor menurut hasil pemeriksaan Dewan Pengawas UPK Himpunan DAPM masih berjalan dengan baik dan keuangannya dalam keadaan sehat. Berdasarkan hasil analisis, kinerja keuangan Himpunan UPK DAPM Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor cukup memenuhi unsur prinsip syariah seperti prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip tanggung jawab, prinsip asas keutamaan, kejujuran dan kebenaran, asas kerelaan, asas kemanfaatan, asas kehendak bebas, asas kebolehan, dan asas larangan riba.
ANALISIS NISBAH BAGI HASIL TERHADAP JUMLAH NASABAH DEPOSITO MUDRABAH (Studi Pada Koperas Baitul Maal Wat Tamwil Khidmatul Ummah Periode 2017-2019) Salam; Rully Trihantana; Mohamad Kharis Mubarok
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.48 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.29

Abstract

Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) pada awalnya didirikan sebagai lembaga ekonomi kerakyatan yang membantu masyarakat miskin, miskin dan hampir miskin. Namun, berkembang, dengan menciptakan produk penggalangan dana. Produk penghimpunan dana meliputi tabungan dan deposito berjangka (deposito) dengan prinsip mudharabah. Pendirian BMT dimaksudkan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi melalui penyediaan produk-produk syariah. Dengan demikian BMT dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yaitu hasil perhitungan dari persentase nisbah bagi hasil deposito mudharabah jangka waktu 12 bulan dan data jumlah nasabah deposito mudharabah jangka waktu 12 bulan dalam 3 tahun terakhir. yaitu dari tahun 2017 - 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nisbah bagi hasil dan jumlah penabung mudharabah memiliki hubungan positif yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah simpanan di KBMT Khidmatul Ummah karena nisbah bagi hasil deposito mudharabah yang disediakan/ditawarkan oleh KBMT Khidmatul Ummah sangat menguntungkan bagi penabung dan menggiurkan bagi calon penabung. Kesimpulan dari penelitian ini Berdasarkan hasil analisis korelasi, hasil uji analisis korelasi menunjukkan tanda positif (+) yang berarti ada hubungan positif antara keduanya. Besaran korelasinya adalah 0,972 (>0,05), artinya tingkat persentase berkorelasi kuat dengan peningkatan jumlah deposan.
PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN PAMIJAHAN TERHADAP PENERAPAN HALAL TOURISM Sartika Resliana; Ujang Buchori Muslim; Hasbi Ash Shiddieqy
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.61 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.30

Abstract

ABSTRACT With the plan develop halal tourism, it will cause various kinds of public perceptions regarding conceptual understanding, government regulations, potensials and challenges. The purpose of this study wa to analyze the percecptions of the Pamijahan District Community on the application of halal tourism. Rhis type of research is using quantitative research using a Likert Scale, with a sample size of 75 respondents. The sampling technique used is the random sampling technique with the Tabachic & Fidell method. The analysis method used in this study is multiple linear regression analysis using the IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Software Version 21. The result of this study show that the effect of implementing halal tourism which consists of knowlage, profession and culture together has a real and positive effect. However, culture is more dominant which has a real and positive effect on the application of halal tourism, with a variable regression coefficient value of 0.677 which means that if culture has increased by one unit, the value of implementing halal tourism will increase by 0.677. increasing the cultural values of the Pamijahan sub-district community can encourage an increase in the development of halal tourism in the region. Keyword: implementation of Halal Tourism, Perception
PENGARUH KESADARAN HALAL USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI PAMIJAHAN DAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR TERHADAP MOTIVASI SERTIFIKASI HALAL Santi Nopita Sari; Rully Trihantana; Bayu Purnama
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.808 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.31

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya UU JPH yang saat ini berlaku, sehingga UMKM juga harus memiliki sertifikasi halal dimana manfaat sertifikasi halal adalah untuk mempermudah pemasaran UMKM. UMKM yang memiliki Sertifikasi Halal memiliki jaminan dari otoritas yang berwenang untuk menguji kehalalan suatu produk makanan, minuman dan produk terkait. Bukan hanya halal, tapi Toyyiban juga halal. Halal dan Baik adalah konsepnya. Konsep kehalalan yang dianut pemerintah yaitu jaminan kehalalan produk seharusnya tidak hanya bermanfaat bagi umat Islam, tetapi juga untuk semua khususnya di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bogor yang meliputi 15 Kecamatan yaitu Pamijahan dan Cibungbulang. Di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang inilah yang memiliki beragam usaha mulai dari tekstil hingga kuliner. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kesadaran halal usaha mikro, kecil dan menengah terhadap motivasi sertifikasi halal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan skala likert, dengan sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan metode Hair et al. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X (Halal Awareness) terhadap variabel Y (Halal Certification Motivation) sebesar 57% dan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh faktor lain. tidak diteliti oleh peneliti yaitu lingkungan, tuntutan, dorongan, tingkat pendidikan dan pengalaman. Pengaruh kesadaran halal terhadap motivasi sertifikasi halal pada UKM di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang. Dengan tingginya kesadaran halal dapat memberikan motivasi yang besar untuk sertifikasi halal bagi UKM di Kecamatan Pamijahan dan Cibungbulang.
ANALISIS MANAJEMEN BISNIS SYARIAH TERHADAP PROGRAM PEMERINTAH KABUPATEN BOGOR DALAM MELINDUNGI UMKM AKIBAT MASA PANDEMI COVID-19 Vivih Sofianti; Tubagus Rifqy Thantawi; Mohammad Kharis Mubarok
SAHID BUSINESS JOURNAL Vol 1 No 01 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.208 KB) | DOI: 10.56406/sahidbusinessjournal.v1i01.32

Abstract

Abstract This research is in the background due to the Covid-19 pandemic which has spread throughout the world, including Indonesia. As a result of the Covid-19 outbreak, the Indonesian Government issued a policy of Locdown (area quarantine) and PSBB (Large-Scale Social Restrictions) Bogor Regency, one of the regions that followed the policies of the Government. Because of that the community should remain silent at home. The result is a decrease in the income of MSMEs. Data on SMEs affected by Covid-19 were 1,120 SMEs in Bogor Regency. Therefore, the Bogor Regency Government through the Bogor Regency Trade and Industry Service and the Bogor Regency Small and Medium Business Cooperative Office need to issue a program to protect MSMEs during the Covid-19 pandemic. Data collection was carried out through interviews, observation and documentation with the Bogor Regency Trade and Industry Office and the Bogor Regency Small and Medium Enterprises Cooperative Office. The efforts of DISPERDAGIN and the Office of Cooperatives and Small and Medium Enterprises (UKM) by way of direct surveys, and data on MSMEs affected by Covid-19. From this data, the Agency makes a program in accordance with the complaints of MSMEs. The program plan will be implemented in 2021 because the Bogor Regency Government program has been ratified before the pandemic begins, therefore technically the program will be implemented starting in 2021. Keywords: Bogor Regency Government Programs, MSMEs, Covid-19, Islamic Business Management Analysis

Page 1 of 4 | Total Record : 36