Jurnal Psikologi dan Konseling West Science
Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Psikologi dan Konseling West Science

Hubungan Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Semester 5 Fakultas Bisnis dan Humaniora Universitas Nusa Putra (Sebuah Proposal Penelitian)

Yusuf Iskandar (Universitas Persada Indonesia YAI)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Prokrastinasi dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi prokrastinasi meliputi pola asuh orang tua dan lingkungan tempat dimana individu tinggal sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi prokrastinasi diantaranya yaitu kepercayaan diri, self-critical, self-efficacy, regulasi diri, motivasi, kesadaran diri, serta kontrol diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlation research). self-efficacy menjadi faktor yang membuat prokrastinasi pada mahasiswa semakin kecil. Dengan adanya harapan dan kepercayaan akan kemampuan yang dimiliki tinggi maka prokrastinasi yang akan dilakukan mahasiswa semakin kecil kemungkinannya begitupun sebaliknya jika self-efficacy yang dimiliki oleh individu rendah maka tingkat prokrastinasi individu akan tinggi. Metode ini digunakan karena metode ilmiah yang paling cocok untuk penelitian psikologi khususnya penelitian untuk melihat hubungan antara satu aspek psikologis terhadap satu aspek yang lainnya, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpkws

Publisher

Subject

Health Professions Neuroscience Public Health

Description

Jurnal Psikologi dan Konseling yang diterbitkan oleh West Science Press yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. JPKWS merupakan wadah bagi peneliti, staf pengajar (dosen dan guru pembimbing/Konselor) dan pihak-pihak yang berkepentingan ...