Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar

Dinda Puji Adhiska (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maman Fathurrohman (Unknown)
Etika Khaerunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aljabar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dianalisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cilegon. Intrumen yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kategori tinggi dengan presentase 6,67%, kategori sedang dengan presentase 26,67%, rendah 1dengan presentase 6,66% dan sangat rendah dengan presentase 50%. Kesimpulan penelitian ini kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih berada dikategori sangat rendah. Kata kunci: Pemahaman konsep, Aljabar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...