Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 4 (2022): Desember 2022

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Online

Siti Nursaadah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (untirta)
Yani Setiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada diri siswa ketika diterapkannya pembelajaran secara daring. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 28 orang siswa SMA yang digunakan sebagai subyek dalam penelitian ini. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model Miles dan Huberman yang dimana terdapat tiga tahapan didalamnya yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika secara online berada pada kategori sedang. Sedangkan terkait kemandirian belajar termasuk pada kategori baik. siswa sudah memiliki insiatif sendiri dalam belajar, namun perlu dilakukannya evaluasi terhadap proses dan hasil belajar oleh guru ataupun siswa itu sendiri agar dapat menentukan kesulitan-kesulitan selama pembelajaran dan menemukan solusi yang tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...