Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Vol 1 (2019): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN KALISARI 03 JAKARTA TIMUR

Eva Oktaviana (STKIP Kusuma Negara)
Chrisnaji Banindra Yudha (STKIP Kusuma Negara)
Maria Ulfa (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan literasi menulis puisi siswa dengan menggunakan metode Picture and Picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur, (2) Untuk menerapkan metode Picture and Picture pembelajaran bahasa Indonesia pada materi puisi, dan (3) Untuk mempermudah siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan metode Picture and Picture. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan Metode Picture and Picture dengan model Kemmis Taggart yang dilakukan II siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap plenning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: (1) observasi, (2) wawancara, (3) Tes, peneliti menggunakan jenis pre tes (tes awal) dan post Tes (tes akhir) dalam pelaksanaan siklus penelitian disertai lembar observasi guru dan siswa, dan (4) dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture siswa pada siklus I nilia 68 ke atas ada 14 atau 53,84% siswa yang tuntas, sementara untuk aktivitas guru dan siswa diperoleh 70. Meningkat pada siklus II siswa yang memperoleh nilai diatas 68 ada 24 orang 92,30% siswa yang tuntas, serta aktivitas guru dan siswa mencapai nilai 92% pada siklus II. Implikasi dari penelitian mengidentifikasikan bahwa penggunaan metode picture and picture, membuat siswa aktif dan tertarik dalam belajar sehingga kemampuan menulis puisi siswa meningkat.Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Kemampuan Menulis Puisi, Penelitian Tindakan Kelas

Copyrights © 2019