Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP)
Vol. 1 No. 5 (2021)

Analisis kebutuhan pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang siswa SMP kelas VIII

Jesisca Pratiwi (Unknown)
Sentot Kusairi (Unknown)
Erti Hamimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Penilaian merupakan suatu proses mengumpulkan dan mengolah suatu data atau informasi untuk mengukur suatu pencapaian dari proses dan hasil belajar. Penilaian dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, tanpa adanya penilaian guru tidak dapat mengetahui pencapaian belajar siswa dan tidak dapat mengetahui kesulitan belajar siswa pada suatu materi. Salah satu jenis penilaian pembelajaran yaitu penilaian formative. Penilaian formative memiliki peranan penting dalam mengevaluasi, membentuk kompetensi dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran melalui balikan yang diberikan. Pelaksanaan penilaian formative sering dianggap kurang efektif karena membutuhkan waktu dan perhatian tiap individu yang relatif lama serta feedback atau balikan tidak dapat diterima secara langsung oleh peserta didik. Penggunaan formatif feedback lebih efektif apabila dilakukan dengan bantuan komputer, selain itu penggunaan media dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII yang layak dan valid digunakan sebagai media belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode dengan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat membantu guru dalam proses penilaian hasil belajar siswa dan membantu siswa dalam memahami materi serta memudahkan dalam mengaplikasikan pada soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) is a publication that focuses on education, particularly in the areas of mathematics and natural sciences. The journal publishes articles, research papers, and other relevant manuscripts related to the teaching and learning of these subjects. It provides a ...