Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 30 Mico Kecamatan Palakka Kabupaten Bone

Muliadi Muliadi (Universitas Negeri Makassar)
Mujahidah Mujahidah (Universitas Negeri Makassar)
Andini Aurelia Putri (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 30 Mico Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 30 Mico dan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan Pengukuran dan Dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis pada penelitian ini menjukkan bahwa status gizi dengan presentase 80,94% pada kategori baik dan hasil belajar dengan presentase 84,45% pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan hasil belajar siswa dengan koefisien sebesar -0,283 dan berada pada kategori hubungan rendah. Karena r hitung atau pearson correlations dalam analisis ini bernilai negatif maka artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat negatif atau dengan kata lain semakin meningkatnya status gizi maka semakin menurun hasil belajarnya. Dengan demikian, guru harus mempertahankan status gizi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...