Asian Journal of Applied Education
Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022

Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMK Negeri 2 Salatiga

Junedi (Universitas Islam Negeri Salatiga)
Fakhrun Nisa (Universitas Islam Negeri Salatiga)
Mukh Nursikin (Universitas Islam Negeri Salatiga)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil analisis pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi tatap muka dan Microsoft Teams di SMK Negeri 2 Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan model blended learning dan apa saja permasalahan yang dihadapi baik guru maupun siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan peneliti sebagai instrumen penelitian sekaligus pengumpul data. Objek penelitian adalah beberapa guru mata pelajaran PAI dan beberapa siswa kelas XII. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model blended learning memiliki kelebihan dan kekurangan. Keunggulan model ini adalah mampu membantu siswa untuk dapat belajar mandiri tanpa bimbingan guru mata pelajaran secara langsung. Sedangkan kekurangannya adalah proses transfer ilmu yang kurang maksimal sehingga menyebabkan materi yang disampaikan tidak merata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ajae

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Asian Journal of Applied Education (AJAE) is a scholarly, peer-reviewed journal published by Formosa Publisher that provides a platform for unpublished articles on contemporary educational issues. It encourages debate, both theoretical and practical, on a wide range of topics representing various ...