Deliberatio : Jurnal Mahasiswa Komunikasi
Vol 2 No 2 (2022): Oktober 2022

APLIKASI TIK TOK SEBAGAI AJANG EKSPRESI DIRI : (Studi Fenomenologi Pada Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang)

Marianti Wea (Universitas Nusa Cendana)
Mariana A.N. Letuna (Universitas Nusa Cendana)
Emanuel Sowe Leuape (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Aplikasi Tik Tok adalah jejaring sosial dan platfrom video musik Cina, yang di luncurkan pada bulan september 2016 namun popularitas Tik Tok baru mulai meledak di tahun 2019. Terlihat jumlah unduhan di google playstore telah mencapai 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Sayang sekali, aplikasi ini banyak ditantang di berbagai negara. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembuatan video pendek dengan dukungan musik yang sangat di gemari banyak kalangan termasuk dewasa dan anak di bawah umur. Aplikasi Tik Tok ini juga membuat penggunanya di kenal atau terkenal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi pada Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang, lokasi penelitian di lakukan di Prodi Ilmu Komunikasi dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sumberdata di ambil dari wawancara dengan pengguna aplikasi Tik Tok. Data yang telah di kumpulkan kemudia di analisis dengan menggunakan tenik penentuan Purposive Sampling. Dari penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi Tik Tok sebagai ajang ekspresi diri (studi fenomenologi pada dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi universitas nusa cendana Kupang) menjelajah objek atau situasi sosial yang di teliti , Pengguna aktif Tik Tok, durasi pengguna persatu tahun, frekuensi bermain Tik Tok perhari atau perminggu dan jumlah follower dan following. Dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi menggunakan aplikasi Tik Tok untuk menghilangkan rasa bosan dan , menggunakan aplikasi Tik Tok sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, mengisi waktu luang, belanja di Tik Tokshop dan belajar percaya diri serta membuat konten video yang menarik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Deliberatio merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT sejak 2021 dengan ISSN (Printed): 2808-1897 dan ISSN (online-elektronik): 2986-8092. Jurnal ini ditujukan untuk mengembangkan dan ...