JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penguatan Civic Culture dalam Prosesi Pemasangan Atap Pamali (Atepoput) pada Rumah Pusaka di Negeri Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Rizky Panji Lating (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon)
Jumiati Tuharea (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon)
Remon Bakker (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini berupaya mengungkapkan kondisi faktual yang memperkuat nilai-nilai budaya kemasyarakatan tercermin dalam proses pemasangan atap pamali (atepoput) pada rumah pusaka di negeri Hila Ambon Maluku. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitiannya adalah pelaksana tugas pemerintahan negeri, sekretaris negeri, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda yang ditentukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasangan atap pamali (Atepoput pada rumah pusaka sangat penting untuk dilakukan selain sebagai warisan adat istiadat yang dipertahankan turun temurun juga dijadikan sebagai pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, dan kemampuan diri dalam kehidupan masyarakat, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai budaya melalui sikap dan perilaku yang dilakukan secara sistematis, dan integrated, serta berkesinambungan dalam memperkuat budaya masyarakat serta menunjukan solidaritas dan pola pikir masyarakat adat khususnya bagi generasi muda di Negeri Hila Ambon Maluku, dapat membentuk budaya kewarganegaraan (civic culture) pada kehidupan masyarakat modern.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...