JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Gaya Bahasa pada Slogan Iklan Makanan dan Minuman Serta Rekomedasinya Sebagai Bahan Ajar Teks Iklan di SMP

Siti Maemunah (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Hendra Setiawan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ferina Meliasanti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan produk makanan dan minuman yang ada di internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya iklan produk makanan dan minuman yang menggunakan slogan unik untuk menarik minat banyak orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data serta mengambil kesimpulan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini telah ditemukan jenis gaya bahasa berupa metafora, personifikasi, hiperbola, dan repetisi pada slogan iklan produk makanan dan minuman yang ada diinternet. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk membuat materi ajar berupa handout pembelajaran teks iklan yang terdapat pada jenjang SMP kelas VIII dengan menyajikan gaya bahasa yang telah ditemukan ke dalam materi ajar guna memberikan pemahaman mengenai gaya bahasa yang ada dalam slogan iklan kepada siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...