Pertumbuhan industri musik Korea Selatan telah membawa popularitas boy group dan girl group yang semakin meningkat. Salah satu boy grup Korea Selatan yang paling dikenal di dunia adalah BTS (Bangtan Sonyeondan). BTS berhasil menorehkan banyak prestasi lokal dan internasional setelah dukungan dan kesetiaan para penggemar yang berkumpul dalam komunitas penggemar yang dikenal sebagai ARMY (Adorable Representative MC for Youth). ARMY memberikan dukungan yang masif dan konsisten untuk BTS. Loyalitas ARMY kepada BTS menunjukkan hubungan yang solid antara idola dan penggemar. Karena itu. penelitian ini akan mengkaji bagaimana BTS menerapkan pendekatan relationship marketing dalam membangun loyalitas komunitas penggemarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pemasaran dengan pendekatan etnografi. Penelitian etnografi merupakan salah satu bagian dari penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relationship marketing dapat membentuk loyalitas ARMY melalui 3 variabel yaitu; kepuasan, kepercayaan, dan komitmen. Kepuasan akan tercapai jika penampilan BTS dapat memenuhi ekspektasi ARMY. Selanjutnya, ARMY yang puas dengan penampilan BTS akan mempercayai BTS dengan menambah koleksi album dan/atau merchandise BTS. Pada tahap komitmen, ARMY akan menunjukkan kesetiaan kepada BTS dengan berpartisipasi dalam promosi BTS secara sukarela, seperti meningkatkan penjualan album, meningkatkan penayangan, dan mendapatkan voting. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan secara singkat, dapat disimpulkan bahwa loyalitas ARMY terhadap BTS telah berhasil dibangun melalui pendekatan relationship marketing.
Copyrights © 2023