eProceedings of Art & Design
Vol 10, No 2 (2023): April 2023

PERANCANGAN KAMPANYE EDUKASI 'HUNIAN VERTIKAL BAGI MILENIAL'

Salsabila Puti Dalesa (Telkom University)
Sonson Nurusholih (Telkom University)
Samsul Alam (Telkom University)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Abstrak:  Kentalnya  budaya  berhunian  tapak  di  Kota  Jakarta  membuat  masyarakat khususnya milenial menjadi skeptis terhadap hunian vertikal. Mereka lebih memilih untuk tinggal  di  pinggiran  Jakarta  agar  bisa menyewa  atau menyicil  rumah  tapak  ketimbang  tinggal  di  hunian  vertikal  di  tengah  kota.  Alasan mereka memandang  hunian  vertikal sebelah mata berangkat dari pola pikir bahwa rumah  tapak adalah hunian  ideal untuk milenial.  Maka  dari  itu,  masalah  ini  perlu  dianggap  serius  dan  perlu  penanganan secepatnya karena makin lama lahan di Jakarta makin sempit dan harga properti makin naik. Untuk turun tangan dan mensosialisasikan perihal manfaat tinggal di hunian vertikal kepada milenial di Jakarta, dibutuhkan sebuah strategi kampanye yang matang. Terlebih, belum  ada  kampanye  dengan  topik  serupa  yang  pernah  dilakukan  sebelumnya  oleh lembaga atau organisasi lain. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif, sedang model analisis yang digunakan adalah Facets Model of Effects. Hasilnya berupa  rancangan  kegiatan  kampanye  dalam  bentuk media  komunikasi massa, media digital, dan media cetak yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan. Kata kunci: hunian vertikal, kampanye edukasi, milenial, perancangan kampanye.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...