Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik SMA Islam Nusantara Unisma. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Dalam penelitian ini instrumen utama dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Islam Nusantara dan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Mengembangkan Karakter. Keabsahan data di dukung dengan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik peserta didik SMA Islam Nusantara dilaksanakan melalui serangkaian program yang terintegrasi melalui proses pembelajaran peserta didik. Pendidikan Spiritual adalah pendidikan yang menekankan pada hal agama dimana mengaitkan hubungan diri kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan spirtual menjadi bagian penting dalam hidup manusia.Pengembangan karakter peserta didik di SMA Islam Nusantara dengan melakukan kegiatan keruhanian antara lain : Sholat Dhuha, Keputrian, Kelas Tahfidz, Pembacaan Istighosah dan Sholat Dhuhu Berjama’ah. Kegiatan keruhanian bertujuan untuk meningkatkan karekter spiritual siswa. Pengembangan karakter ini menjadikan siswa melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
Copyrights © 2023