EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Bidang Pendidikan Agama Islam Melalui Organisasi Himaprodi

Lailatul Fitriyah (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
A Faizul Mubarak (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Nailus Sa'adah (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Soft skill merupakan keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa agar dapat bersaing secara global dan sukses di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah mahasiswa telah menguasai soft skill sebagai persiapan dalam mengatasi permasalahan dunia kerja di luar kampus Universitas Nurul Jadid dengan mengikuti organisasi internal kampus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan serta teknik pemilihan informan purposive sampling. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi internal kampus sangat penting dalam pengembangan Softskill mahasiswa. Diantara banyak soft skill ada tiga yang paling penting yakni Kemampuan berkomunikasi, berfikir kritis, dan Leadersip/kepemimpinan. Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk melatih percaya diri untuk berbicara didepan umum. Kemampuan kepemimpinan juga sangat penting untuk melatih tanggung jawab dan pengambilan keputusan. Berfikir kritis sangat penting dalam melatih pola pikir dan menganalisis suatu permasalahan dan mencari penyelesaian. Pengalaman berorganisasi dapat mengembangkan soft skill mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...