Allemania
Vol 11, No 1 (2021): Allemania - Juni 2021

ANALISIS ASPEK GRAMMATIK A1 DALAM BUKU AJAR DEUTSCH ECHT EINFACH FÜR JUGENDLICHE A1.1 UND A1.2

Taofiq Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lucky Herliawan Yanuar Amalputra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dani Hendra (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Jerman, pemelajar akan mempelajari empat jenis keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan (Hören), berbicara (Sprechen), membaca (Lesen) dan menulis (Schreiben). Meskpun demikian, untuk pemelajar dapat melaksanakan komunikasi bahasa Jerman dengan baik, pemelajar juga perlu untuk memahami tata bahasa (Grammatik) bahasa Jerman dengan baik. Oleh sebab itu, pemelajar diharapkan mempelajari materi tata bahasa (Grammatik) beserta latihannya yang sesuai dengan standar kualitas yang ada. Untuk melaksanakan seluruh proses pembelajaran tersebut, adanya sumber bahan ajar yang akan menjadi pedoman bagi guru maupun pemelajar sangatlah membantu selama proses pembelajaran berlangsung. Buku ajar merupakan salah satu jenis sumber bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Buku ajar Deutsch echt einfach für Jugendliche A1.1 dan A1.2 merupakan salah satu dari buku ajar bahasa Jerman yang baru beredar dan dapat digunakan di Indonesia sebagai sumber bahan ajar bahasa Jerman untuk tingkat A1. Peneliti akan menganalisis pada penelitian ini aspek Grammatik dalam buku ajar Deutsch echt einfach für Jugendliche A1.1 dan A1.2 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi, latihan dan kesesuaian aspek Grammatik dari buku ajar ini dengan kriteria Grammatik dalam buku ajar menurut Krumm dalam „Stockholmer Kriterienkatalog“. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian analisis deksriptif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam buku ajar Deutsch echt einfach für Jugendliche A1.1 dan A1.2 terdapat sebanyak 55 materi Grammatik, dan 270 Latihan Grammatiik yang terbagi ke dalam lima jenis latihan Grammatik menurut Storch, yakni Lückenübungen, Formationsübungen Umformungsübungen, Erweiterungsübungen dan Ersetzungsübungen. Adapun buku ajar ini belum sepenuhnya memenuhi kriteria Grammatik dari „Stockholmer Kriterienkatalog“. Hal ini disebabkan hanya terdapat sebanyak delapan kriteria yang terpenuhi dari kesebelas kriteria untuk Grammatik dalam suatu buku ajar. Oleh karena itu, disarankan bagi guru yang menggunakan buku ajar ini untuk mempelajari Grammatik untuk mengembangkan pembahasan materi Grammatik dalam buku ajar dan tidak membatasi dari penjelasan yang ada dalam buku ajarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

allemania

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. ISSN: 2088-7582 Terbit setahun dua kali setiap bulan Juni dan Desember, berisikan artikel hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi) serta resensi pustaka sekitar pendidikan bahasa dan sastra ...